Dinkes Kota Bekasi Katongi Ratusan Klinik Belum Berizin

 

Matamatanews.com, BEKASI -- Dinas Kesehatan Kota Bekasi mencatat ratusan klinik di wilayahnya belum mengantongi izin operasional. Meski demikian, dinas terkait memastikan klinik tersebut belum beroperasi.

Menurut catatan, Kota Bekasi memiliki sekitar 398 klinik. Secara rinci, 179 klinik telah beroperasi, 166 belum mengantongi izin operasional dan 53 klinik sudah tidak beroperasi lagi karena persoalan finansial akibat tidak mampu bersaing dengan klinik lain.

Kepala Unit Pelaksana Teknis Yayasan Kesehatan Primer, Dinkes Kota Bekasi , Erna mengatakan ratusan klinik yang belum memiliki izin operasi tersebut belum dibuka, tapi tengah menunggu izin dari pemerintah. Meski begitu, pihak klinik telah mengajukan permohonan izin operasional kepada dinas terkait. Namun, sampai saat ini petugas sedang melakukan verifikasi dokumen klinik tersebut.

Erna menambahkan untuk memiliki izin pemilik klinik harus menempuh dua izin. Pertama, harus mempenyuai Izin Mendirikan Bangunan (IMB) sebagai salah satu syarat sarana, prasarana dan administrasi pendirian klinik. Kedua, izin operasional klinik untuk melayani pasien. Kutip Sindonews.com.

“Semua klinik itu harus berizin jika ingin beroperasi melayani kesehatan masyarakat, jika tidak ada izin maka akan ditindak tegas,” tegas Erna.

Anggota Komisi IV DPRD Kota Bekasi, Daddy Kusradi menyatakan dinas terkait harus meningkatkan pengawasan terhadap klinik yang masih melakukan proses pengajuan izin. Dikhawatirkan, mereka tetap melayani pasien padahal belum mengantongi izin operasional. Sementara, gedung dan fasilitas klinik sudah bisa digunakan. (Adith/Berbagai sumber)

sam

No comment

Leave a Response