Diduga Terpapar Kasus Korupsi, Dua Jenderal Senior Cina Dicopot

Matamatanews.com,BEIJING - Dua perwira tinggi militer Tiongkok dicopot keanggotaannya dari Partai Komunis Tiongkok (PKT) dan dari jabatan militer setelah mereka dituding melakukan tindak pidana korupsi. Informasi ini disampaikan oleh pemerintahan di Beijing, Selasa (16/10).

“Pelanggaran yang mereka lakukan amat serius dan hasil korupsi mereka amat besar jumlahnya. Semua itu bisa menyebabkan kehancuran moral yang amat parah,” demikian pernyataan Beijing seperti dikutip dari kantor berita Xinhua.

Adapun dua perwira tinggi militer yang dituding telah melakukan korupsi adalah Jenderal Fang Fenghui dan Jenderal Zheng Yang.Seorang narasumber di militer Tiongkok mengatakan bahwa personel militer yang tersangkut dalam kasus korupsi yang di lakukan Fang berjumlah lebih dari 300 orang.

Jenderal Fang dulu menjabat sebagai kepala staf gabungan militer di Angkatan Bersenjata Tiongkok. Kini ia dalam penyelidikan dalam kasus korupsi senilai lebih dari 1,4 juta dollar AS.

Pernyataan yang dikeluarkan Komisi Pusat Militer mengatakan bahwa Fang sudah tak loyal lagi dengan PKT dan telah merusak citra partai dan Angkatan Bersenjata.

Ditambahkan oleh mereka bahwa Fang, 66 tahun, juga telah melakukan pelanggaran serius terhadap kedisiplinan politik dan aturan pemerintah pusat dengan melakukan pemborosan dan menerima suap.

Pada saat bersamaan, Komisi Pusat Militer Tiongkok juga mengeluarkan pernyataan lainnya yang menyebut bahwa mantan ketua departemen politik Angkatan Bersenjata bernama Zhang Yang, juga telah didepak dari keanggotaan PKT dan dilucuti pangkatnya sebagai jenderal.

Zhang, 66 tahun, pada November 2017 bunuh diri di kediamannya di Beijing saat kasusnya diperiksa. “Zhang berupaya untuk menghindari hukuman dengan cara bunuh diri. Hal ini amat merusak bagi PKT dan Angkatan Bersenjata,” demikian pernyataan Komisi Pusat Militer Tiongkok.

Seorang narasumber lain mengatakan bahwa ada lebih dari 40 orang tersangkut dalam penyelidikan kasus korupsi yang dilakukan Jenderal Zhang. “Angkatan Bersenjata Tiongkok telah mengelar taklimat internal terkait penyelidikan terhadap dua jenderal ini pada Senin (15/10),” kata narasumber itu.

Menurut harian PDA, sejak Presiden Xi Jinping melancarkan kampanye antikorupsi saat ia berkuasa pada 2013 hingga Oktober ini, sudah ada sekitar 13 ribu personel militer yang terlibat dalam kasus korupsi yang ditindak.

Sementara itu, Xinhua menyebut Zhang memiliki kaitan dengan wakil ketua Komisi Pusat Militer bernama Guo Boxiong dan Xu Caihou, dua perwira tinggi militer yang juga diselidiki atas korupsi jual beli jabatan di Angkatan Bersenjata Tiongkok.(s/kj/scmp)

 

sam

No comment

Leave a Response