Diduga Terlibat Organisasi Teroris Sejumlah PNS Diberhentikan

 

Matamatanews.com, TURKI – Pemerintah Turki menyatakan telah memberhentikan sepuluh ribu Pegawai Negeri Sipil (PNS) serta menutup 15 media terkait dengan kecurigaan atas keterlibatan organisasi teroris dan ulama Fethullah Gulen.

Presiden Tayyip Erdogan menegaskan pentingnya memusnahkan jaringan Gulen dari aparatur negara. Sekitar 100 ribu orang telah dipecat dan 37 ribu lainnya ditahan sejak kudeta yang gagal pada Juli silam.

Pihak terakhir yang diberhentikan dari tugasnya yakni akademisi, guru, petugas kesehatan, penjaga penjara dan ahli forensik. Menyusul dua keputusan baru pemerintah yang diterbitkan, Sabtu (29/10/2016) malam. Pihak oposisi justru menilai hal itu merupakan suatu langkah kudeta.

“Apa yang dilakukan pemerintah dan Erdogan lakukan saat ini ialah kudeta langsung terhadap supermasi hukum dan demokrasi,” ujar anggota parlemen dari Partai Rakyat Republik, Sezgin Tanrikulu, dilansir Reuters, Senin (31/10/2016).

Kawasan tenggara Turki diguncang kekerasan terburuk dalam beberapa dekade sejak gagalnya gencatan senjata antara negara dan Partai Pekerja Kurdistan, organisasi yang ditetapkan sebagai teroris oleh Turki, AS dan Uni Eropa. (Adith/Berbagai sumber)

sam

No comment

Leave a Response