Dibantu Pasukan Turki, Kelompok Oposisi Moderat Rebut Lagi 9 Desa di Idlib, Suriah

Matamatanews.com, IDLIB, SURIAH—Seperti dilansir Al-Mugtama Magazine,Tentara Nasional Suriah dan pasukan oposisi moderat, dengan bantuan Angkatan Bersenjata Turki, merebut kembali sembilan desa di Suriah barat laut dari pasukan rezim, yang secara terbuka mengabaikan perjanjian Astana dan Sochi.

Selama 24 jam terakhir, sebagai bagian dari Operasi Perisai Musim Semi di Idlib, pasukan Turki dan pasukan oposisi moderat melakukan aksi di daerah tersebut, yang disita oleh pasukan rezim Assad dan pendukungnya, di selatan Idlib dan desa Hama.

Tentara Turki bekerja untuk melindungi warga sipil setempat di bawah kesepakatan September 2018 dengan Rusia di mana tindakan agresi dilarang di wilayah tersebut.

Pasukan oposisi mulai bergerak maju, dengan pasukan Turki memukul target rezim dengan tembakan melolong. Setidaknya enam tank, tiga meriam 14,5 mm, tiga bom anti-tank, satu meriam 23-mm, 2 kendaraan militer, 12 van pickup hancur, sementara 46 elemen rezim juga dinetralkan.

Sejak Sabtu, pasukan oposisi moderat telah mengklaim kembali desa-desa Anqawi, Al-Qahira, Al-Manara dan Tal Zajran di pedesaan Hama, bersama dengan desa Al-Halluba, Kukfin, Kafr avid, Sfuhan dan Fattara di Idlib selatan.

Pasukan oposisi moderat saat ini dalam bentrokan dengan pasukan rezim Assad dan kelompok-kelompok teroris asing yang didukung Iran.

Turki, Rusia, dan Iran mengadakan pertemuan di kota Astana Kazakhstan pada tahun 2017 dan mengumumkan bahwa Idlib dan kota-kota tetangga, wilayah Ghouta Timur, ibukota Damaskus, dan wilayah selatan, yaitu kota Daraa dan Quneitra, akan menjadi zona de-eskalasi.

Tetapi rezim Assad dan kelompok-kelompok teror yang didukung Iran melancarkan serangan yang melanggar perjanjian dan, berkat dukungan udara Rusia, menguasai semua wilayah ini dengan pengecualian kota Idlib.Agresi berlanjut setelah 17 September 2018 ketika Turki dan Rusia mengadakan pertemuan Sochi dalam upaya untuk menghentikan serangan.(win)

 

redaksi

No comment

Leave a Response