Dianggap Tidak Dapat Meminpin Secara Efektif Direktur FBI Dipecat

 

Matamatanws.com, Amerika Serikat – Selasa (09/05/2017) watu setempat Presiden Donald Trump memecat Direktur Biro Investigasi (FBI), James Comey. Seperti dalam pemberitaan Reuters, Trump mengambil keputusan tersebut setelah mempertimbangkan rekomendasi Jaksa Agung, Jeff Session.

Dalam suratnya kepada Comey, Trump menyatakan sangat penting menemukan kepemimpinan baru untuk FBI yang dapat mengembalikan kepercayaan publik atas tugas penegak hukum lembaga itu. Selain itu, Trump juga menyebut Comey tidak dapat memimpin FBI secara efektif.

Juru bicara White House, Sean Spicer menyatakan seleksi direktur baru FBI akan segera dimulai.

Setahun terakhir, Comey menjadi sosok kontraversial dalam sejumlah kasus. Termasuk tudingan Partai Demokrat yang menuduh Comey berperan pada kekalahan Hilary Clinton pada pemilihan presiden tahun lalu.

Tuduhan itu bermula dari penyelidikan FBI atas dugaan penggunaan server email pribadi oleh Hilary ketika menjabat menteri luar negeri pada periode pertama pemerintahan Barack Obama. Dan saat itu FBI menyebut tindakan Hilary dapat mengancam keamanan nasional.

Penyelidikan tersebut sempat ditutup, namun Comey membuka investigasi baru terkait kasus tersebut sebelas hari sebelum pemungutan suara pada Pilpres AS tahun lalu.

Pada Maret lalu, Comey juga mempublikasikan investigasi FBI terhadap penyusupan Rusia pada pilpres 2016, terutama dugaan kolusi atas kemenangan Trump. Dan saat memberikan testimoni kepada Kongres, Comey juga membantah tudingan Trump tentang penyadapan yang dilakukan Obama terhadapnya.

Sebelum diangkat menjadi Direktur FBI Comey menjabat sebagai jaksa di Southern District of New York. Pada 2013, ia diangkat menjadi Direktur FBI dan seharusnya masa jabatannya berakhir 2023. (Adith/Berbagai Sumber)  

sam

No comment

Leave a Response