Dianggap Mulai Stabil, Korea Selatan Bebaskan Pembatasan Pembelian Masker

 

Matamatanews.com, SEOUL—Setelah berjalan empat bulan, akhirnya pemerintah Korea Selatan (Korsel) pada hari Minggu (12/7/2020) menghentikan pembatasana pembelian masker kepada masyarakat, setelah dianggap  penyebaran COVID-19 mulai stabil.

Seperti diketahui pembatasan pembelian masker diterapkan pemerintah Korsel sejak awal bulan Maret 2020 lalu karena adanya permintaan yang  tinggi dari masyarakat, sehingga setiap warga hanya diperbolehkan membeli masker dengan jumlah terbatas setiap minggu di apotek dengan harga 1.500 won (US$ 1,24).Awalnya per minggu di perbolehkan dua masker lalu naik menjadi sepuluh masker.

Dengan berakhirnya pembatasan tersebut, kini setiap orang bisa membeli masker tanpa batas dengan harga pasar yang terjangkau.Permintaan masker yang tinggu, membuat Korsel mampu meminimalisir penyebaran sekaligus meratakan virus COVID-19, kata Kementerian Keamanan Pangan dan Obat – obatan Korea Selatan seperti dilansir The Korea Times mengutip kantirp kantor berita Yonhap.

Sejak minggu pertama Juni lalu penjualan masker di Korsel telah mencapai 100 juta, sehingga pada bulan lalu pemerintah memutuskan untuk memperpanjang pembatasan masker yang seharusnya berakhir pada 30 Juni sampai 11 Juli dalam upaya membantu  masyarakat untuk mudah mendapatkan masker.

Dalam kondisi darurat pemerintah akan tetap menjaga persediaan masker yang memadai dalam jumlah besar untuk mengantisipasi kenaikan permintaan yang mendadak di masyarakat, dengan tetap meningkat kan pengiriman ekspor masker lokal sesuai perizinan yang berlaku. (cam)

redaksi

No comment

Leave a Response