Di Tengah Pandemi, Upacara HUT TNI Ke 75 Diselenggarakan Secara Virtual

 

Matamatanews.com, BANJARNEGARA -  Di tengah pandemi Covid 19 peringatan Hari Ulang Tahun Ke 75 TNI Kodim 0704/Banjarnegara tahun ini digelar secara Virtual.  Dandim 0704/Banjarnegara Letkol Arh Sujeidi Faisal,S.T., M.Han. memimpin upacara dihadiri oleh Bupati Banjarnegara Budhi Sarwono, Kapolres Banjarnegara AKBP Fahmi Aprianto,S.H., S.I.K., M.H., M.Si serta Forkopimda Banjarnegara. Usai upacara acara di lanjutkan dengan pemberian hadiah kepada para pemenang lomba di Tribun Aula Makodim. Senin (5/10/20).

Dalam sambutannya Dandim menyampaikan kegiatan HUT TNI kali ini berbeda dari tahun sebelumnya dikarenakan situasi pandemi covid 19 yang masih melanda di negara Indonesia. Tetapi menurutnya, semua tidak mengurangi makna dari peringatan HUT TNI yang ke 75 Tahun 2020 ini. 

"Pada kesempatan ini marilah kita memanjatkan doa kepada Tuhan Yang Maha Kuasa karena situasi pandemi covid 19 di negara Indonesia khususnya wilayah Banjarnegara kondisi segera kembali seperti sedia kala. Semoga apa yang kita lakukan seperti bantuan fisik, tenaga maupun dukungan doa dapat meringankan beban Pemerintah Pusat maupun Daerah dalam rangka upaya pemulihan kondisi pandemi covid 19, " kata Dandim.

Dalam HUT TNI ke 75 tahun ini lanjut Dandim,  TNI bisa menggunakan momentum untuk mengingat kembali bahwa TNI sebagai tentara rakyat, tentara pejuang, tentara nasional dan tentara profesional. 

"Saya apresiasikan tema HUT TNI ke 75 yakni “Sinergi Untuk Negeri”. Seperti yang disampaikan oleh Panglima besar Jenderal Soedirman “ janganlah kamu berbuat seperti sapu yang meninggalkan ikatannya, kesempatan ini tidak akan berarti apa apa, tetapi dalam ikatan sapu akan dapat menyapu segala - galanya”, " tegasnya.

Oleh karena itu menurut Dandim, TNI harus menegaskan jati diri sebagai tentara rakyat. 

"TNI tidak boleh melupakan rakyat, TNI tidak boleh menyakiti hati rakyat, TNI tidak boleh ada jarak dengan rakyat tetap harus bersama sama rakyat, karena bersama rakyat TNI kuat dalam menjalankan tugas dan pengabdian kepada bangsa dan negara, " pintanya.

Sementara Bupati Banjarnegara Budhi Sarwono menyampaikan,  tidak punya banyak kata selain bangga terhadap TNI, karena selalu mendapat kepercayaan dan menjadi kebanggan masyarakat Indonesia.

"Tetaplah menjadi kesatria yang profesional, rendah hati, santun, sederhana, tidak merendahkan orang lain, selalu semangat  walaupun dalam keterbatasan, tidak berlebihan serta bertanggung jawab. Tidak hanya menjadi pemersatu bangsa tetapi lebih dari itu TNI menjadi figur teladan yang selalu dibanggakan oleh masyarakat.Jaya TNI, dirgahayu TNI yang ke 75, sinergi untuk negeri, " kata Bupati semangat.(Pendimbna/Nusa).

 

redaksi

No comment

Leave a Response