Di Iran, Orang Berwajah Jelek Dilarang Mengajar

 

Matamatanews.com, IRAN – Baru-baru ini, Departemen Pendidikan Iran menerbitkan daftar berbagai macam penyakit dan kondisi yang harus steril dari para pengajar di sekolah. Iran melarang guru dengan penampilan buruk untuk mengajar di kelas, termasuk guru yang wajahnya berjerawat.

Dilansir laman Metro, Jum’at (25/08/2017), bahwa daftar  tersebut beredar setelah diberitakan oleh kantor berita FARS yang menyebutkan calon guru lebih banyak menghabiskan waktu untuk menjalani tes kesehatan dibandingkan waktu untuk pelatihan terkait keahlian mengajar.

Sebagian besar dari daftar tersebut berkaitan dengan penampilan fisik. Misalnya, seseorang yang memiliki mata juling, jerawat atau eksim wajah, serta memiliki tahi lalat besar diwajah tidak diperbolehkan mengajar. Tak hanya itu, bekas luka atau infeksi jamur pada kulit pun termasuk dalam daftar tersebut. Gangguan kesehatan lain yang juga termasuk dalam daftar tersebut antara lain, infertilitas wanita, kanker, penyakit ginjal dan buta warna.

Sementara itu, banyak pengguna media sosial menentang peraturan tersebut dengan alasan hal itu sangat diskriminatif dan melanggar HAM. Mereka mengatakan, jika aturan itu direalisasikan, maka orang-orang hebat seperti Stephen Hawking tidak akan bisa mengajar para siswa.

Menanggapi hal itu, penasihat presiden berjanji akan menyelidiki beredarnya daftar tersebut. Juru bicara Departemen Pendidikan pun mengatakan bahwa peraturan yang secara khusus ditujukan kepada wanita itu akan dihapus dan daftar lainnya juga akan ditinjau ulang. [Did/Vi/Berbagai Sumber]

sam

No comment

Leave a Response