Di Eropa, Tujuh Orang Tewas Diterjang Badai Ciara

 

Matamatanews.com, HEBDEN, YORKSHIRE—Sedikitnya tujuh orang dikabarkan tewas dan sejumlah penerbangan Britis Airways di London terpaksa dibatalkan pendaratannya pada menit terakhir akibat badai Ciara yang disertai angin topan dan hujan deras menerjang Inggris  dan daratan Eropa lainnya pada Senin (10/2/2020) kemarin.

Seorang wanita dan putrinya yang berusia 15 tahun dikabarkan tewas pasca badai merobek atap gedung penyewaan ski di resor pegunungan Bukowina Tatrzanska. Dalam insiden itu, tiga orang terlukan. Sementara di Swedia, seorang pria tenggelam setelah kapal yang ia tumpangi bersama lainnya sedang berlayar di danau selatan Fegen terbalik.Para korban tersapu ke pantai lalu meninggal, sementara yang lainya masih dalam pencarian, tulis harian Aftanbladet.

Seperti dikutip Keystone dari AP, Senin kemarin, gelombang besar menerjang papan selam saat badai Ciara menerjang pantai Jenewa, di Lutry, Swiss.Dua pria, satu di utara Slovenia dan satu lagi di Inggris selatan, dilaporkan tewas setelah mobil yang mereka tumpangi menabrak pohon yang tumbang.

Sementara itu di Jerman, seorang pengemudi tewas setelah truk yang dikendarainya menabrak trailer para pekerja yang tengah parkir karena sednag membersihkan puing-puing badai dari jalan raya di negara bagian selatan Hesse.Di bagian lain kepolisian Ceko mengatakan, kecelakaan mobil yang menewaskan seorang pria dan melukai penumpang wanitanya tidak bisa disalahkan  karena adanya badai Ciara yang menerjang begitu dahsyat.

Akibat badai Ciara sekitar 290.00 orang hidup tanpa penerangan listrik,kata perusahaan listrik CEZ. Meski badai Ciara telah meninggalkan Inggris dan Eropa utara pada Senin kemarin, namun dampaknya masih terlihat seperti menumpuknya penumpang dan pendaratan yang tertunda di di bandara Inggris.

Sebuah pendaratan penerbangan British Airways di London Heathrow pada hari Senin terpaksa membatalkan pendaratannya pada menit terakhir setelah angin kencang menghentikannya mendarat dengan benar.

Cuplikan pada saluran streaming langsung Jet TV menunjukkan Boeing 777 memotong landasan sebelum harus lepas landas lagi karena angin yang kencang. Sebuah penerbangan MEA ke Heathrow mendarat dengan selamat pada hari Senin, meskipun pada awalnya berjuang keras dalam kondisi cuaca buruk.

Ratusan penerbangan dibatalkan di Eropa setelah badai menghantam Jerman dengan kecepatan hingga 140 km per jam, kata kantor cuaca federal negara itu, Minggu. Ini melampaui ambang 120kph dari badai Kategori 1.

Seorang juru bicara kepolisian di wilayah Bavaria di Jerman utara menyarankan warga untuk tidak pergi ke luar kecuali terpaksa.Berbagai sekolah terpaksa ditutup sementara termasuk sekolah tamana kanak-kanak. Sementara itu di Perancis,layanan feri antara Calais dan Dover dihentikan sementara dan operator kereta SNCF membatalkan beberapa layanan di wilayah Normandia.

Sekitar 120 penerbangan dibatalkan di Amsterdam dan asosiasi sepakbola nasional membatalkan semua pertandingan pada hari Minggu.Hari itu, penarik yang dibawa oleh badai menyebabkan penerbangan British Airways telah menetapkan rekor baru untuk penerbangan komersial subsonik tercepat dari Kota New York ke London, melintasi Atlantik hanya dalam waktu empat jam dan 56 menit.Padahal penerbangan trans-Atlantik biasanya hanya memakan waktu lebih dari enam jam.(bar)

 

 

 

 

 

 

 

 

redaksi

No comment

Leave a Response