Di Balik Baju APD, Ternyata Anggota Kodim 0701/Banyumas

 

Matamatanews.com, BANYUMAS - Covid-19 terus merenggut nyawa manusia. Semakin meningkatnya kasus kematian akibat Covid- 19 di Banyumas, menyebabkan petugas pemakaman dari BPBD kabupaten Banyumas mengalami kelelahan. Di lapangan, para petugas pemakaman dibawah naungan BPBD Kabupaten Banyumas terus menjalankan tugasnya dengan protokol kesehatan yang ketat. Kodim 0701/Banyumas juga telah membentuk 1 (satu) tim petugas pemakaman yang terdiri dari 13 anggota.

Komandan Kodim 0701/Banyumas Letkol Inf Candra S.E.,M.I.Pol., menyampaikan bahwa Kodim 0701/Banyumas memiliki tim pemakaman jenazah Covid-19 atas permintaan dari BPBD kabupaten Banyumas. Tim ini kata Dandim, akan membantu prosesi pemakaman jenazah, mengingat kematian akibat Covid-19 di Kabupaten Banyumas melonjak, dalam sehari ada belasan jenazah yang harus dimakamkan.

"Sebelum menjadi tim pemakaman jenazah, personil Kodim 0701/Banyumas sudah mengikuti pelatihan dan tata cara pemakaman jenazah Covid-19 oleh tim dari BPBD Kabupaten Banyumas sesuai dengan protokol kesehatan yang ketat," jelas Dandim. Sabtu (26/06/2021).

"Tim pemakaman jenazah kita siagakan 24 jam. Jadi, baik dalam situasi siang maupun malam hari jenazah Covid-19langsung kita makamkan di tempat yang sudah di sediakan oleh BPBD Kabupaten Banyumas. Mereka tak mengenal lelah demi melaksanakan tugas mulia ini," terang Dandim.

Dandim berharap, masyarakat di Kabupaten Banyumas agar melaksanakan himbauan dari pemerintah dalam menjalankan protokol kesehatan di semua kegiatan dengan 5 M; mencuci tangan, memakai masker, menjaga jarak, menghindari kerumunan dan mengurangi mobilitas. 

"Hal ini harus dilaksanakan agar jangan sampai ada korban lagi akibat Covid-19," pungkasnya. (Hen,Jack)

redaksi

No comment

Leave a Response