Deteksi Dini, Babinsa Cilongok Rutin Lakukan Rapid Test Antigen

 

Matamatanews.com, BANYUMAS - Rapid test antigen digunakan untuk mendeteksi virus corona dalam waktu yang cepat. Test tersebut dilakukan dengan metode Swab atau USAP dengan cara mengambil sampel sekresi dari hidung dan tenggorokan, tujuannya untuk mendeteksi keberadaan antigen virus tertentu yang akan menunjukkan adanya infeksi virus saat itu.

Rapid test antigen juga ditujukan kepada para Babinsa Koramil 23/Cilongok Kodim 0701/Banyumas yang dilakukan di Puskesmas Cilongok 1 pada hari Selasa (22/06/2021). Tujuannya adalah untuk mendeteksi secara cepat apakah ada anggota Koramil yang terpapar covid-19 atau tidak. Tracking dilakukan oleh tenaga medis dari Puskesmas Cilongok 1, mengingat para Babinsa Koramil 23/Cilongok selalu turun ke lapangan dalam kegiatan patroli prokes ataupun operasi yustisi.

Komandan Kodim 0701/Banyumas Letkol Inf Candra S.E.,M.I.Pol., melalui Danramil 23/Cilongok Kapten Arm Ali Sobirin mengatakan bahwa Babinsa Koramil 23/Cilongok secara rutin melaksanakan rapid test antigen guna mengetahui apakah ada anggota yang terpapar covid-19 atau tidak. 

"Kita semua tahu bahwa Babinsa sebagai ujung tombak dalam penanganan Covid-19. Rapid test antigen menjadi langkah yang cepat guna mengantisipasi dampak yang akan terjadi kedepannya. Koramil selalu turun ke lapangan dalam kegiatan sehari-hari, jadi tidak menutup kemungkinan akan ada anggota Koramil yang tertular, hal ini semata-mata untuk memutus penyebaran covid-19," katanya.

Dandim juga menegaskan bahwa penerapan disiplin protokol kesehatan menjadi kunci dalam memutus mata rantai penyebaran Covid-19. 

"Disiplin prokes harus menjadi bagian dari kehidupan kita sehari-hari sampai pandemi ini dapat diatasi dan berakhir. Jangan sampai disiplin menurun hanya karena sudah divaksin," tegasnya.

dr. Desi Dwi Susanti tenaga medis dari Puskesmas Cilongok 1 mengatakan bahwa rapid test antigen ini dilakukan karena anggota Koramil 23/Cilongok sering kontak erat dengan masyarakat yang ternyata terpapar Covid-19.

"Alhamdulillah dari 8 orang anggota Koramil 23/Cilongok yang dirapid test antigen, kesemuanya dinyatakan Negatif Covid-19. Kami berharap bapak-bapak tentara agar tetap melaksanakan protokol kesehatan dalam menjalankan tugasnya," pungkas dr.Desi. (Jack,hen).

redaksi

No comment

Leave a Response