Denpom IV-1 Cek Kendaraan, Dalam Rangka Gaktib Polisi Militer "Waspada Wira Keris"

 

Matamatanews.com, BANYUMAS -  Dalam rangka Penegakan dan Ketertiban (Gaktib) Polisi Militer "Waspada Wira Keris" dan Ops Yustisi "Citra Wira Keris" TA. 2021 serta untuk meminimalisir pelanggaran dan kerugian, Denpom IV-1 Purwokerto mengecek kendaraan dan administrasi anggota  Kodim 0701/Banyumas. Pengecekan dipimpin langsung Wadandenpom IV-1 Purwokerto Mayor CPM Mirgo Winasis. Jum’at 05/02/2021.

Pengecekan dan pemeriksaan administrasi meliputi kendaraan dinas dan pribadi anggota Kodim 0701/Banyumas beserta  jajaran Koramil oleh Denpom IV-1 Purwokerto dibantu staf intel dan Provost Kodim di lapangan apel Makodim Jln. Jenderal Soedirman No. 204 Purwokerto Barat, Kabupaten Banyumas. 

Komandan Kodim 0701/Banyumas Letkol Inf Candra S.E.,M.I.Pol mengapresiasi kegiatan tersebut, dengan harapan menjadikan kesadaran bagi seluruh anggota bahwa kelengkapan surat dan kelaikan berkendara merupakan suatu kewajiban atau protap berkendara yang baik.

Dandim menegaskan, pemeriksaan dan pengecekan kendaraan dilakukan dimulai dari kelengkapan kendaraan bermotor roda empat maupun roda dua seperti helm, lampu, rem, ban dan kondisi mesin. Tak hanya itu, pemeriksa juga mengecek kelengkapan surat-surat seperti STNK, SIM dan KTA.

Dandim Banyumas mengungkapkan, kegiatan ini dilakukan dengan tujuan selain untuk menekan dan mencegah terjadinya kecelakaan, juga untuk membudayakan disiplin berlalu lintas.

"Mengetahui kondisi dan kelengkapan kendaraan dinas dan pribadi lebih penting. Kegiatan ini dilaksanakan guna meminimalisir terjadinya laka lalin yang dapat merugikan diri sendiri maupun satuan," ujar Dandim.

Dandim berharap kegiatan ini dapat meminimalkan pelanggaran dalam berlalu lintas bahkan zero accident dan zero incident. 

"Kita harus menjadi figur serta teladan, sehingga kita dapat memberikan contoh kepada masyarakat. Sebelum kita memberikan arahan kepada mereka, kita harus tertib dahulu terkait apa yang kita lakukan," tambah Dandim.

Secara tegas Dandim juga menyampaikan, bagi anggota yang melanggar dan tidak melengkapi surat- suratnya akan diberikan sanksi. 

"Bagi anggota yang tidak lengkap surat - suratnya untuk saat ini akan diberikan teguran dan akan didata untuk dilengkapi. Apabila pada pengecekan berikutnya masih ditemukan pelanggaran akan diberikan sangsi sebagai efek jera. Karena, semua untuk mereka sendiri agar aman dan nyaman sehingga bisa melaksanakan tugas dengan baik," tegasnya.

Sebelumnya satuan Kodim 0701/Banyumas telah melakukan pemeriksaan kendaraan anggotanya baik militer maupun PNS. Selama ini pemeriksaan dilakukan secara rutin dan mendadak oleh staf intel dan provost Kodim 0701/Banyumas.

Sementara Mayor CPM Mirgo Winasis mengatakan bahwa, pihaknya berterima kasih kepada Kodim 0701/Banyumas yang telah berlalulintas dengan baik, tetapi dirinya masih menjumpai adanya SIM TNI dan STNK kendaraan dinas yang sudah mati.

"Saya memaklumi karena kesibukan para Babinsa dimasa pandemi covid-19 sangat padat, jadi kami perintahkan setelah pengecekan ini agar segera mengurus perpanjangan SIM dan STNK tersebut. Apabila nanti ada yang kena razia dijalan maka bagi yang melanggar akan di kenakan sangsi," kata Mayor Mirgo.

"Dalam pelaksanaan operasi Gaktib dan Yustisi, prajurit yang profesional adalah prajurit yang patuh dan taat pada hukum," pungkas Wadandenpom. (Jack,kabul)

 

redaksi

No comment

Leave a Response