Demo Tolak Revisi UU KPK Dan RKUHP

 

Matamatanews.com, PURWOKERTO -Tak kurang 1500  mahasiswa yang tergabung dalam Aliansi Mahasiswa Banyumas melakukan unjuk rasa menolak revisi UU KPK dan RKUHP pada Senin (23/09/19) di depan gedung DPRD Banyumas. Mereka gabungan dari beberapa perguruan tinggi di Purwokerto diantaranya Unsoed, IAIN, UMP, UNU, STT Telkom.

Dalam aksinya mereka membentangkan spanduk yang berisi tuntuntan segera dilakukan peninjauan kembali atas UU KPK dan hasil revisi dikirim ke Mahkamah Agung, dukungan ke KPK, serta penolakan rencana pengesahan RUU KUHP. Ada tiga hal yang mereka suarakan yakni pertama, DPRD Banyumas diminta menyampaikan aspirasi percepatan yudicial review UU KPK ke MK, kedua DPRD Banyumas mendorong DPR RI untuk mengkaji ulang Rancangan KUHP dan ketiga DPRD Banyumas harus menyampaikan aspirasi mahasiswa je DPRD Prov dan DPR RI.

Sementara Ketua DPRD Banyumas Budhi Setyawan yang menemui para demonstran menyatakan dirinya memahami betul apa yang disuarakan oleh para mahasiswa. Dia berjanji akan menyampaikan tuntutan tersebut Ke DPR RI agar segera didukung. Para mahasiswa menghendaki DPRD Banyumas menyampaikan Kertas Posisi yang telah ditandatangani yang berisi tuntutan mereka ke DPRI. Budhi menambahkan dirinya siap memfasilitasi apabila para mahasiswa ingin menyampaikan aspirasinya ke DPR RI.

Sementara wakil ketua senat mahasiswa IAIN Hanifudin menyatakan rancangan KUHP cacat dan terlalu terburu buru. Mereka hanya mengurusi sisi privasi warga negara saja. Mereka akan tetap melakukan aksi sampai dewan mendengar dan menerima aspirasinya. *(urip,)

redaksi

No comment

Leave a Response