Demi Kepentingan Para Petani, Bupati Banyuasin akan Minta Alsintan Milik Pemprov Sumsel

 

Matamatanews.com, BANYUASIN—Bupati Banyuasin, Sumatera selatan H Askolani , SH,MH mengatakan jika perlu ia akan meminta alat pertanian (Alsintan) milik Provinsi Sumatera selatan (Sumsel) yang masih ada di gudang untuk kepentingan para petani. Hal itu diungkapkan bupati saat membuka pelatihan Capacity Building dan Bussines Matching kepada petani padi dan jagung dalam rangka Optimalisasi Kredit Usaha Rakyat (KUR) dan Asuransi Usaha Tani Padi (AUTP) tahun 2019 di Desa Karang Anyar, Kecamatan Sumber Marga Telang, Rabu (4/9/2019) kemarin.

"Pemerintah kabupaten Banyuasin bertekat bulat untuk dapat mensejahterakan para petani,seperti para petani yang ada luar negeri, namun kata harus bersinergi satu sama lainya.Pada saat ini para petani di Banyuasin telah menyumbang 30% beras untuk Sumsel, namun sayang penghasilan per hektarnya baru mencapai 3 ton .Kita mau hasil dari panen itu 6 sampai 7 ton per hektarnya,"kata Askolani.

Ia  juga mengatakan jika kita bersinergi  dirinya akan minta pada gubernur Sumsel agar dapat memberikan bantuan Alsinta yang masih ada di gudang untuk para petani, ujarnya.

“ Dengan adanya acara ini kami berharap  nantinya para petani padi dapat panen sampai tiga kali dalam satu tahun bukan seperti sekarang ini panennya hanya satu kali dalam setahun.Apa lagi kini kita dapat pinjaman dengan suku bungga hanya 7% dan di ansurkan pula.Selama ini para petani kita selalu meminjam dengan sistem bayar panen sudah menjadi salah lumbung beras ,” jelasAskolani

“Jika dari awal program yang ditawarkan seperti tidak akan hanya seratus petani yang kita kumpulkan.setidaknya akan dua ribu petani akan hadiri acara seperti ini,namun yakinlah karena program ini sangat memihak pada masyarakat akan kita mintakan pada OJK untuk melakukan sosialisasi di daerah lain,” kata Askolani.

Askolani berharap kepada petani yang menerima   pinjaman agar jangan di salah gunakan.”Gunakanlah dana itu sebagai mana mestinya.jangan nanti di belikan televisi atau motor apa lagi untuk kawin lagi  ,” tegas Askolani sambil senyum. (ibrahim /mingga)

redaksi

No comment

Leave a Response