Daun Bayam Dapat Tumbuhkan Sel Jantung Manusia

 

Matamatanews.com, AMERIKA SERIKAT – Tim peneliti Worcester Polytechnic Institute (WPI), University of Wisconsin-Madison, dan  Arkansas State University-Jonesboro mengungkap pihaknya tengah berhasil melakukan percobaan menumbuhkan sel jantung manusia yang berdetak pada daun bayam, menggunakan jaringan vaskular pada tanaman itu untuk menyalurkan cairan.

Temuan itu mengarahkan kemungkinan menumbuhkan jaringan jantung manusia yang berfungsi untuk menggantikan sel jantung yang rusak akibat serangan jantung.

“Tanaman dan hewan pada dasarnya menggunakan cara berbeda untuk menyalurkan cairan, bahan kimia, dan molekul-molekul makro, namun ada kesamaan yang mencengangkan dalam struktur jaringan pembuluh mereka,” ungkap seorang peneliti.

Sejauh ini bioteknologi, seperti pencetakan 3-D, tidak dapat meniru sistem pembuluh darah kompleks dalam tubuh manusia yang menyalurkan oksigen, nutrisi, dan molekul penting yang diperlukan jaringan untuk tumbuh sebagaimana mestinya. Hal ini menjadikan riset ini menjadi penting. (Adith/Berbagai sumber)

 

sam

No comment

Leave a Response