Data Penerima BLT Tumpang Tindih Pemdes Gelar Musdessus

 

Matamatanews.com, BREBES—Menindak lanjuti arahan Pimpinan Daerah terkait pendataan warga penerima BLT - Bantuan Langsung Tunai,   Pemdes Wanatirta Kecamatan Paguyangan Kabupaten Brebes menggelar Musdesus Senin malam (4/5/2020)

Musdesus,  Musyawarah Desa Khusus yang melibatkan BPD serta seluruh Ketua RT dibagi beberapa tempat mengingat jumlah peserta cukup banyak guna menghindari atau antisipasi penularan  Virus Covid 19 yang kasat mata.

Menurut Kepala Desa Wanatirta Lukman Hakim Musdesus dan penetapan calon penerima BLT Dana Desa dilaksanakan setelah dilakukan verifikasi dan validasi data calon penerima oleh relawan Gugus Tugas Covid-19 dan para ketua RT sesuai aturan yang telah ditentukan  Kementerian.

Data yang masuk sebelumnya 1.574 KK   setelah dilakukan verifikasi dan validasi hanya berjumlah 1.268 KK.

" Banyak data tumpang tindih yang tercatat sebagai penerima PKH, BPNT, serta bantuan lainnya dari Pemerintah.Untuk itu kami mengambil langkah dari sejumlah calon penerima manfaat di buat Empat skala prioritas .Skala prioritas 1 dan 2  akan mendapatkan BLT (Bantuan Langsung Tunai)  yang bersumber dari anggaran Dana Desa dan Kementrian Sosial.Sedangkan  skala prioritas 3 dan 4 akan menerima bantuan sosial dari anggaran yg bersumber dari bantuan Provinsi dan Kabupaten " terang Lukman

Adapun  besaran bantuan  BLT yang akan di terima oleh warga RTM ( rumah tangga miskin)  terdampak covid -19  sebesar Rp. 600.000 setiap bulan selama 3 bulan yg bersumber dari Kementrian Sosial dan Dana Desa.

"Sedangkan yang bersumber dari Provinsi dan Kabupaten besarannya Rp. 200.000 perbulan selama 3 bulan yang terhitung dari bulan April hingga Juni, jelas Lukman ".

Sementara terkait adanya pendataan yang melebihi kuota pihaknya akan menyampaikan surat usulan kepada Bupati agar di berikam rekomendasi pergeseran anggaran Dana Desa untuk tahap susulan.

" Apabila dalam pendataan di temukan ada warga RTM yang terlewat kan tidak masuk maka akan kami akomodir sebagai data usulan tambahan.Dan kami akan buat surat permohonan kepada Bupati agar bisa memberikan rekomendasi supaya kami bisa melakukan pergeseran anggaran Dana Desa kembali " urai Lukman.

Ketua BPD Desa Wanatirta Mardiyanto mengapresiasi langkah Pemerintah desa Wanatirta dalam bertindak cepat mengambil sikap dan selalu melibatkan seluruh komponen kelembagaan didesa.

" Selaku BPD kami apresiasi langkah Pemdes yang selalu bekerja sama dengan seluruh lembaga saling komunikasi termasuk bersama melakukan tindakan verifikasi dan validasi data,  untuk mengurangi kesalahpahaman dan dampak di masyarakat "kata Mardiyanto.

Tampak turut hadir di acara Musdesus Camat Paguyangan Edi Mulyani S.I.P Pendamping Desa, Kadus, BPD, LPM, Babinsa, Babinkamtibmas, tomas, toga, Karangtaruna, tokoh pemuda,perangkat desa, salapanan, SLRT, PKK, kaum perempuan, Kader Psoyandu, kaum difabel, disabilitas serta RT, RW, serta dari perwakilan Seknas Fitra(Purwanto)

 

redaksi

No comment

Leave a Response