Dari 7 Intelijen Dunia,CIA Masuk Urutan Pertama Yang Terkuat

 

Matamatanews.com,JAKARTA—Meski Israel memiliki badan intelijen tangguh seperti Mossad, namun komunitas intelijen dunia masih menempatkan CIA  sebagai badan intelijen terkuat di dunia saat ini. Mossad sendiri meski terdengar angker dan rada garang, namun pada praktiknya tidak semua operasi intelijennya berjalan mulus,terutama diwilayah seputar konflik seperti di Palestina dan kawasan negara arab pada umumnya.

Sejauh ini komunitas intelijen dunia rupanya baru menempatkan tujuh badan intelijen yang dianggap memiliki kemampuan mumpuni dalam menangani urusan intelijen.Para agen ini dianggap mampu menjalankan tugas untuk menggali,mencuri data, melakukan propaganda bahkan operasi khusus demi kepentingan negara. Mereka bisa berada kapanpun dan dimanapun. Badan intelijen mana sajakah yang masuk dalam penilaian ‘handal dan mumpuni’ itu? Untuk saat ini masih tujuh badan intelijen yang paling disegani lantaran kehebatan para agennya, yaitu :

1. Mossad, agen rahasia  Israel.

Badan intelejen ini dianggap sebagai salah satu yang terkuat di dunia. Berkantor pusat di Tel Aviv. Organisasi agen rahasia ini diduga terlibat pada sejumlah kekacauan di dunia Arab. Saat ini diperkirakan Mossad memiliki 1.500-2.000 agen aktif. Mossad memiliki Divisi Operasi Khusus bernama Metsada yang sangat tangguh dalam aksi intelejen. 

2. MI6, agen rahasia Inggris.

MI6 (Military Intelligence, Section 6) dibentuk pada tahun 1909 sebelum perang dunia kedua, bermarkas di gedung SIS Building, London. Awalnya, MI6 ditugaskan untuk menjaga dan memata-matai kekaisaran Jerman. Sampai saat ini, MI6 terlibat pada banyak konflik abad ke-20 dan 21. MI6 juga aktif berkolaborasi dengan sejumlah agen rahasia lainnya terutama Amerika Serikat. 

3. RAW, ujung tombak intelijen India.

RAW (The Research and Analysis Wing) dibentuk atas kekecewaan India terhadap kualitas intelijen yang masih tertinggal dengan negara lain, terutama Tiongkok. Pada tahun 1968 dibentuklah Research and Analysis Wing sebagai lembaga spesial dan independen yang fokus untuk operasi intelejen internasional. Dipimpin pertama kali oleh Rameshwar Nath Kao, RAW berkembang pesat menjadi salah satu dinas agen yang paling berpengaruh di dunia. 

4. GRU, divisi intelijen Rusia.

KGB bubar pada tahun 1995, tapi GRU tetap menjadi andalan Rusia dalam dunia intelijen dunia. Rusia yang sering panas dengan Amerika dan Eropa, memaksa mereka untuk memaksimalkan segala operasi intelijen. Sebagian agen GRU diduga memiliki hubungan dengan Al-Qaeda.

5. BND, andalan Jerman menggali informasi.

BND (Bundesnachrichtendienst) diciptakan Jerman sebelum perang dunia II untuk memata-matai Uni Soviet. Jerman berani mendanai hingga 615 juta US Dollar tiap tahunnya. Didirikan pada 1 April 1956 lalu, dinas agen rahasia ini telah memiliki lebih dari 6000 personil dan menjelma menjadi salah satu yang terkuat di dunia.

6. ISI, dinas intelijen Pakistan.

7. CIA, dipercaya sebagai yang terkuat di dunia.

sam

No comment

Leave a Response