Danrem 071/Wijayakusuma Serahkan Hasil Karya Bakti Serbuan Teritorial

 

Matamatanews.com, BANYUMAS - Komandan Korem 071/Wijayakusuma Kolonel Inf Dwi Lagan Safrudin, S.I.P., menyerahkan hasil kegiatan Karya Bakti dalam kegiatan Serbuan Teritorial Korem 071/Wijayakusuma kepada masyarakat. Penyerahan dilakukan di SDN 3 Darmakradenan, Desa Darmakradenan Kecamatan Ajibarang, Kab.Banyumas, Senin (23/11/2020).

Karya bakti Serbuan Teritorial Korem 071/Wijayakusuma berupa kegiatan pembangunan fisik dan non fisik. Pembangunan fisik berupa RTLH, jambanisasi, pipanisasi, penghijauan dengan penanaman 40 ribu pohon keras dan produktif, serta pembangunan sentra perekonomian masyarakat. Non fisik berupa sosialisasi wawasan kebangsaan, pelatihan teknologi tepat guna UMKM, pencanangan Desa Bela Negara dan Komunikasi Sosial.

Danrem 071/Wijayakusuma mengatakan, serbuan teritorial yang dilaksanakan Korem 071/Wijayakusuma merupakan atensi dari Pimpinan TNI AD dalam rangka membantu peningkatan ekonomi masyarakat khususnya di Desa Darmakradenan Kecamatan Ajibarang Kabupaten Banyumas. 

"Penunjukkan Desa Darmakradenan sebagai desa sasaran karya bakti serbuan teritorial ini adalah tepat, diharapkan kegiatan tersebut dapat dirasakan manfaatnya oleh masyarakat," terang Danrem.

Dikatakan Kolonel Dwi Lagan, diserahkannya hasil pekerjaan kegiatan karya bakti dalam rangka serbuan teritorial ini, jangan hanya merasa handarbeni (memiliki) saja, namun harus hangrumati (dirawat dan dijaga dengan baik). 

"Setelah diberikan, maka haruslah dirawat dan dimanfaatkan untuk kepentingan masyarakat itu sendiri," jelasnya.

Perwira menengah asli Banyumas ini mengatakan bahwa pihaknya hanya memfasilitasi pembangunan tersebut, masyarakat dipersilahkan mengelola sesuai mekanisne dan prosedur yang ada. Pihaknya hanya berpesan, agar hasil pekerjaan dapat dirawat dengan sebaik-baiknya. 

"Kebersihan merupakan suatu hal yang terpenting dalam merawat hasil pembangunan ini, karena dengan kebersihan, nantinya akan dapat mendatangkan orang-orang untuk datang kembali kesini. Kesemuanya itu, untuk kelangsungan pengembangan lebih lanjut, harus dikoordinasikan dengan prosedur yang benar. Antara pemerintah desa dengan PT. Rumpun Sari Antan (RSA) harus ada kerjasama yang baik," imbaunya.

Danrem juga berharap, kedepan hasil pembangunan sentra perekonomian tersebut dapat dikembangkan lagi dengan berbagai destinasi yang ada di Desa Darmakradenan ini, baik industri rumah tangga, pertanian, perkebunan maupun wisatanya.

Diakhir sambutannya, Danrem menyampaikan apresiasinya kepada semua pihak atas terlaksananya kegiatan ini.Penyerahan hasil pekerjaan karya bakti dalam rangka Serbuan Teritorial Korem 071/Wijayakusuma disahkan dengan penandatanganan serah terima hasil pekerjaan antara Danrem 071/Wijayakusuma Kolonel Inf Dwi Lagan Safrudin, S.I.P., dengan perwakilan masing-masing penerima pembangunan Sentra Ekonomi. Mereka adalah Teguh Waluyo, S.Pd., selaku Ketua Deswita Desa Darmakradenan, RTLH Kusmiyati, Jambanisasi Darno, Pipanisasi Hendro Kuncoro selaku Ketua Keluarga Penerima Manfaat (KPM) Desa Darmakradenan dan Bibit Pohon Penghijauan Suko Madyo Susilo selaku Direktur Rumpun Sari Antan IV (RSA-IV). (Jof1/4rd/DD)

 

redaksi

No comment

Leave a Response