Danramil Meninjau Lokasi Pergerakan Tanah Di Desa Kebutuh Jurang

 

Matamatanews.com, BANJARNEGARA—Danramil 01 /Banjarnegara KODIM 0704/Banjarnegara Kapten Inf Parsono beserta Polsek Pagedongan, BPBD, Kades Kebutuh Jurang Sujarwo meninjau lokasi pergerakan tanah yang mengakibatkan retakan dan pergerakan tanah rumah warga di Dukuh Kali Entok RT 04/06  di Desa Kebutuh Jurang Kecamatan Pagedongan pada Kamis (07/02/19).

Pergerakan tanah yang terjadi pada Rabu (06/02/2019) pukul 18.15 WIB mengancam 22 rumah, 25 Kepala Keluarga (KK)  dengan jumlah jiwa 81 orang dan sebuah mushola Al huda di dusun kali entok Rt 04/06, desa Kebutuhjurang Kecamatan Pagedongan. Kejadian ini diakibatkan curah hujan  tinggi yang terjadi sejak sore hingga malam hari.

Sebanyak 22 rumah terancam longsor, 4 rumah rusak  atas nama keluarga Murdianto (4 orang),  Sahumi (4 orang) Sunarto (6 orang), dan Mahmudin (2 orang).

Danramil 01/ Banjarnegara Kapten Inf Parsono mengatakan menindak lanjuti laporan tadi malam, menghimbau agar  masyarakat yang terdampak pergerakan tanah untuk berhati hati kalau terjadi hujan deras lagi. " Penghuni rumah yang retak retak agar mengungsi ke tempat tetangga dan saudara yang terdekat dan aman dari pergerakan tanah. Kalau ada masalah pergerakan tanah lagi agar berkoordinasi dengan Forkompincam dan semua instansi untuk mencari jalan terbaik, " ungkapnya.

Kades Kebutuh Jurang Sujarwo menyampaikan kepada masyarakat yang terkena dampak pergerakan tanah agar tenang tapi tetap waspada karena bila hujan yang deras tanah masih bergerak. " Kami dari perangkat desa sudah berkoordinasi dengan BPBD dan instansi lainnya. Saya berharap bila terjadi apa apa segera melapor ke perangkat desa, "katanya.

Pihak BPBD akan melaporkan bagaimana situasi di lokasi untuk segera melakukan penanganan musibah pergerakan tanah ini. Kami siap membantu kapanpun asalkan ada laporan dari masyarakat maupun perangkat desa yang jelas dan valid.*(pendim bjr,javi,hen)

sam

No comment

Leave a Response