Dangal Sarat Pesan Tanpa Menggurui

 

Matamatanews.com,JAKARTA—Aamir Khan,nama ini identik dengan dedikasi,kesempurnan dan bioskop kualitatif. Film-filmnya selalu meraup untung bagi bioskop dan produser film,Ghajini film Hindi pertama yang menggaet laba kotor berkisar Rs 100 crore (Rp 200 miliar), disusul 3 Idiot meraup Rs 200 crore atau setara Rp 400 miliar dan PK mencapai Rs 300 crore atau Rp 600 miliar.Dan kini Aamir Khan semakin membuktikan ketika Dangal dirilis mampu mencetak Rs 550 crore (sekitar Rp 1 triliun lebih) dalam 15 hari peredaran.

Meski sama-sama menampilkan olahraga gulat,Dangal berbeda dengan film Sultan yang dimainkan aktor Salman Khan. Sultan adalah sebuah karya fiksi,dengan fokus kisah cinta,sementara Dangal diangkat dari kisah nyata Mahavir Singh Phogat yang melatih putrinya Geeta Kumari Phogat (Fatima Sana Shaikh) dan Babita Kumari Phogat (Sanya Malhotra) yang dilatih untuk menjadi pegulat kelas dunia.Jadi tokoh itu ada,bukan fiksi!

Dangal adalah sebuah cerita berdasarkan kehidupan nyata dengan karakter dan peristiwa yang sebenarnya, ia memiliki rute realistis tanpa harus membungkuk pada pasar atau diktat lazimnya film komersial yang kadang menabrak logika.Meski kolosal,Dangal tetap setia dengan materi ,sehinga dongeng yang muncul memiliki karakter dan sasaran yang jelas hingga enak dinikmati.Sutradara merangkap penulis cerita Nitesh Tiwari bersama tim penulis ide cerita Divya Rao,Piyus Gupta,Shreyas Jain,dan Nikhil Malhotra rupanya mampu membaca keinginan penonton sehingga segmen penonton bioskop rela berdesakan hanya untuk sekedar menyaksikan wajah Aamir Khan selama 2 jam 49 menit!

DANGAl adalah bagian sempurna dari karya menawan, tidak terduga,memukau,menghibur dan tidak melebihi batas. Dan yang terpenting,Dangal mampu meresap dalam etos India. Kemenangan,kegagalan,patah hati,isak tangis,tawa,dan senyuman menyatu dalam ritme hiruk pikuk kepuasan penonton saat meninggalkan bioskop. Dan tidak berlebihan bila Dangal dinobatkan sebagai film terbaik India tahun ini berikut Aamir Khan sebagai aktor Terbaik dan Nitesh Tiwari sebagai Sutradara terbaik dalam film yang sama di ajang Penghargaan Jio Filmfare Awards ke 62 pada 14 Januari lalu di Mumbai.(samar)

sam

No comment

Leave a Response