Dandim Banjarnegara Panen Jagung Bersama Kelompok Tani Tiga Serangkai

 

Matamatanews.com, BANJARNEGARA - Dandim 0704/Banjarnegara Letkol Arh Sujeidi Faisal, S.T.,M.Han bersama Kepala Dinas Pertanian, Perikanan dan Peternakan dan Ketahanan Pangan Kabupaten Banjarnegara Ir.Totok Setya Winarna, S.Pi, petugas Penyuluh Lapangan (PPL) Kecamatan Bawang Ibu Suparti dan Kelompok Tani Tiga Serangkai menggelar Panen jagung Bisi 18 seluas 2 hektar di lahan Demplot TNI AD PLTA Tulis Desa Binorong Kecamatan Bawang. Jumat (24/09/21).

Dalam sambutannya Dandim menyampaikan bahwa hari itu dilaksanakan panen raya jagung di lahan demplot milik Kodim 0704/Banjarnegara seluas 2 hektar. 

"Tentunya lahan ini bisa dijadikan lahan percontohan bagi petani yang lain atau kelompok tani, bagaimana bercocok tanam yang baik untuk mendapatkan hasil yang lebih baik menuju ke swasembada pangan. Pada akhirnya ketahanan pangan di wilayah Banjarnegara semakin baik," jelasnya.

Lebih lanjut Dandim mengajak kepada para petani yang lain untuk memanfaatkan lahan mereka. 

"Apa yang telah dianugerahkan Tuhan begitu subur, kita manfaatkan untuk bercocok tanam. Lahan bisa kita tanam apa saja itu tergantung kepada petani. Dalam pelaksanaannya nanti petani akan didampingi oleh petugas penyuluh lapangan dari dinas pertanian termasuk juga TNI/Polri. Ada babinsa dan bhabinkamtibmas yang mensupport kegiatan ini terutama di masa pandemi, kita harus menyiapkan ketahan pangan," imbuhnya.

Kepala Dinas Pertanian, Perikanan, dan Ketahanan Pangan Kabupaten Banjarnegara Totok Setya Winarna mengatakan bahwa yang ditanam di lahan Kodim ini adalah jagung bisi 18 yang merupakan jagung unggulan. Jenis ini kata Totok bisa meningkatkan produktivitas di lahan pertanian yang kekurangan air.

"Hasil uji coba kerjasama antara Kodim dengan kelompok tani didampingi petugas penyuluh lapangan, hasilnya lumayan bagus. Tahun kemarin padi dan sekarang jagung jenis bisi 18 ini," kata Totok.

"Kita berharap, sinergi program harus kita tingkatkan, seperti yang sudah disampaikan oleh Dandim tadi. Tujuannya adalah untuk mewujudkan ketahan pangan yang tangguh dan  mewujudkan petani yang tangguh dan modern," pungkasnya. (Pendim 0704 Banjarnegara,nusa).

redaksi

No comment

Leave a Response