Dandim 0704/Banjarnegara dan Forkopimda Panen Padi Organik Kualitas Impor

 

Matamatanews.com, BANJARNEGARASelasa  (30/04/2019) kemarin Komandan Kodim 0704/Banjarnegara Letkol Inf Dominggus Lopes S.Sos. bersama Forkopimda Banjarnegara melaksanakan panen padi di lahan Demplot jenis Intani 602 yang menggunakan pupuk organik Wijayakusuma Nutrition di Desa Binorong Rt 05/05  Kecamatan Bawang Kabupaten Banjarnegara , Jawa tengah.

Kabid Prasarana dan Sarana Pertanian Dinas Pertanian, Perikanan dan Ketahanan Pangan Suparman mengungkapkan, panen kali ini sesuai yang ditargetkan  menteri pertanian, tetapi permasalahan yang timbul adalah berkurangnya lahan pertanian. "Harapannya Pupuk organik Nutrition bisa mengangkat kualitas padinya, lebih berhasil dan sukses, " katanya.

Komandan Kodim 0704/ Banjarnegara Letkol Inf Dominggus Lopes S.Sos. mengatakan, ‘’Pupuk Nutrition ini merupakan terobosan yang dilakukan Angkatan Darat guna mengurangi biaya penggarapan dengan hasil yang meningkat, dan untuk perbaikan lahan yang sudah banyak mengandung unsur kimia, " jelasnya

“Mengapa Indonesia tidak bisa mengeksport walaupun mempunyai lahan yang subur, karena hasil beras dari Indonesia sudah banyak mengandung unsur kimia dan ternyata kurang diminati konsumen di luar negeri ’’, Imbuhnya.

“Pada uji coba yang pertama menggunakan Pupuk Wijayakusuma Nutrition, walaupun hasilnya belum maksimal karena faktor tanahnya yang belum siap, akan tetapi kualitas padinya sangat bagus dan tidak menggunakan pupuk kimia. Harapan petani agar pemerintah membedakan harga padi yang menggunakan pupuk organik dan non organik, " jelas Kisno Ketua kelompok tani Tiga Serangkai.(Pendimbna,javi,hen)

sam

No comment

Leave a Response