Dana Pengadaan e-KTP Akan Segera di Lelang

 

 

Matamatanews.com,JAKARTA---Kementerian Keuangan membatalkan penundaan pencairan dana anggaran untuk pengadaan e-KTP di sisa tahun ini. karena keputusan tersebut, pendanaan untuk pengadaan 20 juta blangko akan segera dilelang guna memenuhi kebutuhan e-KTP untuk tahun ini.

Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo mengatakan, “Pelaksanaan lelang untuk pengadaan e-KTP akan dipercepat guna memenuhi kebutuhan blangko, pengadaan ini mendesak karena minat masyarakat untuk melakukan perekaman data e-KTP semakin tinggi”.

Selain itu, Tjahjo menambahkan, hanya pemilih yang telah melakukan perekaman data e-KTP yang dapat memilih calon kepala daerah terkait pilkada serentak tahun 2017 nanti. Selain itu, perekaman data e-KTP untuk pertengahan tahun depan merupakan bagian dari persiapan untuk pemilihan umum tahun 2019 mendatang.

“Jika ada masyarakat yang mempunyai hak pilih belum melakukan perekaman data, jangan salahkan kami kalau tidak dapat memberi hak pilihnya. Kami sudah beri kelonggaran, meski belum mendapatkan e-KTP mereka bisa mendapatkan formulir perekaman untuk memilih”, lanjut Tjahjo.

Kemudian Tjahjo menambahkan, pemerintah menginginkan nomor induk tunggal untuk KTP, asuransi, SIM, serta Paspor. Oleh karena itu, masyarakat dihimbau untuk meluangkan waktu guna melakukan perekaman data.

Dari catatan Kemendagri, hingga akhir bulan september lalu masyarakat yang telah melakukan perekaman data e-KTP berjumlah 162.047.403 jiwa. Namun masih ada sekitar 20 juta warga yang belum terekam datanya. (atep/berbagai sumber)

sam

No comment

Leave a Response