CrashDetect Aplikasi Pendeteksi Kecelakaan

 

Matamatanews.com,JAKARTA— Jika kecelakaan terjadi saat kita mengendarai mobil biasanya bantuan akan datang karena dihubungi  penduduk sekitar yang menyaksikan.Tapi apa yang kita lakukan ketika mengalami kecelakaan tanpa seorangpun yang melihat  sementara kita dalam keadaan kritis ? Tekhloogi asal Afrika Selatan bernama Crash Detect ini berangkali jalan keluar terbaiknya.

Aplikasi ini memonitor seluruh perjalanan kita dengan menggunakan sensor smart drive detection yang berfungsi mendeteksi kecelakaan melalui accelerometer sensor yang terdapat pada handphone. Accelerometer sensor ini mampu mendeteksi G-Force terhadap sebuah benturan yang terjadi.

Setelah itu aplikasi ini akan memberitahukan lokasi pengemudi kepada ambulan  terdekat dari lokasi kecelakaan  serta riwayat kesehatan pengemudi. Direktur Eksekutif CrashDetect mengatakan bahwa waktu adalah hal  terpenting yang sifatnya  gawat darurat. Dan jika korban tidak segera ditolong maka akan berakibat  fatal bagi korban. Tetapi aplikasi ini tidak akan berfungsi jika lokasi kecelakaan tidak mendapat sinyal op[erator HP maupun Wifi.Kenapa? Karena untuk mengoperasikan aplikasi ini butuh koneksi internet.

Aplikasi ini diharapkan mampu membantu pertolongan pertama terhadap korban kecelakaan, dimana kehabisan dara selalu menjadi faktor utama karena lambatnya ambulan datang. Tetapi sayang aplikasi ini belum bisa diterapkan di Indonesia,karena faktor tekhnologinya yang belum terintegrasi dengan aplikasi ini. Mau mencoba? (Andro DP/bbc)

 

 

sam

No comment

Leave a Response