Cina Operasikan Teleskop Terbesar di Dunia

 

Matamatanews.com,Tiongkok---Teleskop radio terbesar di dunia resmi di operasikan, Teleskop dengan diameter 500 meter tersebut dinamakan The Five-hundred-meter Aperture Spherical Telescope (FAST). Teleskop tersebut di pasang antara bukit-bukit di pegunungan Guizhou, dengan menghabiskan dana sebesar US$ 180 Juta atau setara dengan Rp 2,3 triliun.

Megaproyek ini mulai dibangun tahun 2011 lalu, kemudian untuk menciptakan lingkungan yang lebih baik untuk melakukan pantauan, pemerintah cina akan merelokasikan sekitar 10.000 orang yang tinggal dengan radius 5 km dari teleskop tersebut. Proyek ambisius dari Badan Observasi Astronomi Tiongkok telah mengalahkan teleskop radio di Observatorium Arecibo, Puerto Rico.

Teleskop FAST mempunyai 4.450 panel segitiga yang membentuk cekungan mangkok atau setara dengan 30 kali luas lapangan bola. Teleskop ini akan dipergunakan untuk mengamati pulsar serta mengeksplorasi molekul interstellar dan komunikasi yang bertujuan untuk perdamaian.

Namun, seperti yang dilansir oleh Reuters, Departemen Pertahanan Amerika Serikat mengatakan Cina sedang melakukan aktivitas yang bertujuan mencegah musuh menggunakan aset-aset berbasis luar angkasa dalam masa krisis.

Teleskop ini merupakan bagian dari program antariksa Tiongkok yang ambisius, selain untuk kepentingan militer, pembanguan teleskop ini sebagai simbol kemajuan negara. Namun dibutuhkan waktu sekitar 3 tahun untuk melakukan kalibrasi agar instrumen FAST dapat berfungsi penuh mengamati benda-benda angkasa. (atep/berbagai sumber)

sam

No comment

Leave a Response