Cina Luncurkan Kapal Induk Terbaru

 

Matamatanews.com, BEIJING – Baru-baru ini Cina meluncurkan kapal induk buatan domestik untuk pertama kalinya, peluncuran tersebut berbarengan dengan suasana yang semakin memanas. Kapal induk dengan tipe 001A dipindahkan dari dermaga kering menuju laut, pemindahan tersebut dilakukan saat upacara peresmian di kota pelabuhan Dalian, Timur Laut Cina.

Kementerian pertahanan Cina mengatakan bahwa kapal induk tersebut mengangkut bobot hingga 50 ribu ton. Selain itu, kapal induk tersebut akan membawa pesawat tempur J-15 yang merupakan kebanggaan negeri tirai bambu tersebut.

Peneliti Cina dari Lembaga Penelitian Militer Strategis Prancis, Juliette Genevaz mengatakan bahwa peluncuran kapal induk tersebut merupakan acara simbolis karena akan memakan waktu sekitar waktu dua tahun agar kapal dapat melakukan pelayaran pertamanya.

Sebelumnya Cina telah mempunyai kapal induk Liaoning yang merupakan kapal induk bekas Rusia yang telah berusia 25 tahun, kapal induk ini sendiri baru dioperasikan kembali pada tahun 2012 setelah mengalami reparasi secara intensif.

Kepemilikan kapal induk ini menjadikan Cina menjadi salah satu negara dengan angkatan laut terkuat di dunia selain Amerika, Inggris dan Rusia. (Atep/berbagai sumber)

sam

No comment

Leave a Response