Cegah Penyebaran COVID-19, Festival Film Internasional Busan ke-25 Diundur Dua Minggu

 

Matamatanews.com, BUSAN—Akhirnya anggota dewan panitia penyelenggara Festival Film Internasional Busan ke-25 sepakat untuk menunda perhelatan festival selama dua minggu dengan alasan adanya peningkatan jumlah korban COVID-19 yang terus meningkat secara nasional.

Rapat umum luar biasa yang digelar pada hari Jum’at sore (11/9/2020) lalu oleh anggota dewan panitia penyelenggara memutuskan untuk menunda festival selama dua pekan dari 1 – 16 Oktober hingga 21-30 Oktober 2020.keputusan itu dibuat karena kekhawatiran atas penyebaran COVID-19 yang berbarengan dengan musim liburan Chuseok pada 30 September mendatang,’kata panitia penyelenggara dalam pernyataannya seperti dikutip The Korea Herald .

Untuk mencegah keramaian dan kerumunan orang berkumpul, seluruh acara luar ruangan dibatalkan , termasuk upacara pembukaan dan penutupan, salam di luar ruangan, dan sesi bincang-bincang terbuka.Festival tahun ini, juga tidak ada undangan dari tamu internasional atau peluang jaringan untuk para sineas dan pakar industri film yang selama ini telah menjadi tradisi setiap tahunnya.

Film yang dipilih hanya akan diputar di Busan Cinema Center, dan program lainnya, termasuk Asia Contents & Film Market, Asia Project Market, dan BIFF Forum, akan dialihkan ke online.Pihak penyelenggara menambahkan, festival bisa dibatalkan bila protokol jarak sosial tetap bertahan di level 2 atau lebih selama festival dilangsungkan. Rincian lebih lanjut dan pemilihan resmi akan diumumkan selama konferensi pers secara online pada pukul 3 sore pada hari Senin.(cam)

 

redaksi

No comment

Leave a Response