Cegah Penularan Corona, Penonton Bioskop Dilarang Makan – Minum plus Bersin

 

Matamatanews.com, JAKARTA—Akhirnya Pemerintah Pusat dan Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta memberikan lampu hijau kepada pengelola bioskop untuk membuka usahanya kembali meski pandemi COVID-19 belum sepenuhnya sirna.Rencana pembukaan bioskop di Jakarta ini akan mengikuti protokol kesehatan pencegahan COVID-19 yang ketat guna mencegah terjadinya penyebaran virus corona.

Sebelum diumumkan kapan bioskop tersebut dibuka, pihak pemerintah provinsi DKI Jakarta akan menyusun aturan protokol kesehatan untuk di bioskop.Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mengatakan, dari pertemuan dengan Satuan Tugas (Satgas) Penanganan Covid-19 pada hari Rabu (26/8/2020), diputuskan bioskop di Jakarta bisa dibuka dengan menerapkan protokol kesehatan.

“Protokol ini akan tercantum di regulasi yang detil dan dilakukan pengawasan ketat,” kata Anies Baswedan saat konferensi pers virtual pada hari Rabu, kemarin.

Juru bicara pemerintah untuk penanganan Covid-19, Wiku Adisasmito mengatakan bahwa  pihaknya telah membuat kajian dalam beberapa pecan terakhir terkait dengan pembukaan kembali bioskop.Studi itu mempertimbangkan sejumlah aspek, seperti kesehatan, sosial, dan ekonomi.Pembukaan bioskop harus melalui tahapan prakondisi, ketepatan waktu, prioritas, koordinasi pusat dan daerah serta pemantauan dan evaluasi.

Wiku menjelaskan, bioskop bisa dibuka kembali dengan memperhatikan sejumlah protokol kesehatan, seperti penonton wajib menggunakan masker,  menjaga jarak sekitar1,5 meter, dilarang makan dan minum selama pertunjukkan, dan tidak boleh berada diruang pertunjukkan lebih dari dua jam.Satgas merekomendasikan penonton bioskop berusia rentang di atas  12 tahun dan di bawah 60 tahun.

“Penonton juga harus dalam kondisi sehat dan tidak ada gejala batuk, flu, sesak nafas, dan demam lebih dari 38 derajat Celsius, sakit tenggorokan, pilek atau flu, atau bersin. Itu harus dijalankan dengan protokol yang ketat,” kata Wiku.Masih minat pergi ke bioskop dengan sederet aturan meski dilarang makan dan minum selama pertunjukan termasuk batuk sekalipun? (bar/berbagai sumber)

 

 

redaksi

No comment

Leave a Response