Cara Mengeluarkan Serpihan Kayu dan Kaca Tanpa Rasa Sakit

 

Matamatanews.com, JAKARTA – Serpihan kayu, duri bahkan kaca yang menusuk kedalam kulit dapat menimbulkan rasa sakit. Terkadang serpihan tersebut masuk terlalu dalam menembus kulit kita bahkan tidak terlihat oleh mata. Namun, yang dapat kita rasakan hanya rasa sakitnya saja.

Rasa sakit yang ditimbulkan terkadang dapat mengganggu, menimbulkan nyeri bahkan dapat menimbulkan infeksi jika dibiarkan dalam waktu yang lama.

Menggunakan jarum atau benda tajam lainnya untuk mengeluarkan serpihan tersebut sangatlah sulit. Tidak jarang  akibat menggunakan benda-benda tersebut menimbulkan rasa sakit bahkan jika tidak hati-hati dapat melukai kulit kita.

Untuk menghindari rasa sakit yang ditimbulkan saat mengeluarkan serpihan, dapat digunakan dengan berbagai cara yakni.

Baking Soda

Dilakukan dengan cara mencampurkan ¼ baking soda dengan air, kemudian mengaduknya hingga menjadi bentuk pasta yang kental. Setelah itu olehkan pada tempat yang terkena serpihan, balut dan biarkan semalaman. Hal tersebut dilakukan karena baking soda dapat menbuat kulit untuk mendorong serpihan tersebut keluar.

Hidrogen Peroksida

Dengan mengoleskan hidrogen peroksida pada kulit yang terkena serpihan akan membuat serpihan tersebut keluar dengan sendirinya. Selain itu, hidrogen peroksida dapat membuat luka menjadi steril.

Lakban

Lakban dapat digunakan untuk mengeluarkan serpihan yang tidak terlihat oleh mata, caranya dengan menempelkan lakban pada kulit yang terkena serpihan dan biarkan sekitar satu jam. Jika serpihan tersebut belum masuk terlalu dalam maka serpihan tersebut akan ikut keluar saat penarikan lakban. (Atep/dokter.id/berbagai sumber)

sam

No comment

Leave a Response