Cara Cegah Gangguan Liver

 

Matamatanews.com,JAKARTA— Liver atau hati mempunyai banyak kegunaan yang berfungsi bagi tubuh manusia seperti untuk membersihkan darah, memproduksi kolestrol, protein dan banyak kegunaan lainnya bagi fungsi tubuh manusia.  Liver adalah kelenjar terbesar yang terdapat pada tubuh manusia dan memiliki berat rata-rata hingga 1.4 kilogram

Karena banyaknya kegunaan liver mengakibatkan rentannya liver terkena masalah, dari luar liver dapat terlindungi dengan baik karena letaknya terlindungi oleh tulang rusuk. Akan tetapi dari dalam banyak  penyakit yang dapat menyerang fungsi liver atau hati dengan berbagai penyakit seperti Hepatitis, Kanker hati, perlemakan hati dan banyak yang lainnya.

Gejala jika kita mengalami gangguan liver juga terdapat banyak hal yang dapat dideteksi seperti nyeri perut, kulit dan mata kekuningan,  nyeri sendri, bercak kulit dan banyak gejala lainnya yang dapat diketahui agar menjadi peringatan bagi penderita gangguan liver.

Untuk  menjaga liver dan mencegah penyakit yang dapat menganggu kerja liver dapat dengan menerapkan pola hidup yang sehat, seperti mengonsumsi makanan yang sehat dan aman dari paparan zat kimia serta mengutamakan untuk makanan seperti sayur, dan buah.

Untuk makanan seperti protein bisa dikurangi dan diperbanyak dari kacang polong serta kacang-kacangan, serta dibatasi seperti daging-dagingan.  Untuk mencegah liver juga dapat melakukan olahraga rutin serta mengurangi konsumsi alkohol. (Andro DP/berbagai sumber)

sam

No comment

Leave a Response