Bursa Tanaman Hias Digelar Di Rita Super Mall Purwokerto

 

Matamatanews.com, PURWOKERTO -Semenjak munculnya pandemi COVID-19 bisnis tanaman hias mengalami booming. Tak hanya tanaman, bisnis pendukung seperti pot, pupuk, benih dan lain lain laris manis bak kacang goreng. Tak hanya di kota, bisnis tanaman hias juga merambah sampai ke desa desa. Peluang inilah yang menjadi ide bagi para pecinta tanaman hias untuk menggelar bursa tanaman hias yang kali ini digelar di Rita Super Mall Kota Purwokerto.

Berbagai tanaman hias dipamerkan di sana, terlebih tanaman hias yang sedang naik daun saat ini, seperti Aglonema, Philo, Caladium ataupun Anthurium. Selain menjual aneka tanaman Bursa kali ini juga dijadikan ajang silaturahmi bagi para kolektor dan petani tanaman hias se Banyumas Raya dan sekitarnya.

Jenis tanaman yang banyak dicari oleh pengunjung masih didominasi jenis Aglonema dan Philo. Kedua jenis tanaman ini sebenarnya pernah booming pada waktu yang lalu, namun redup beberapa lama dan kembali terangkat sejak pandemi ada. 

Salah seorang kolektor sekaligus penjual tanaman hias Ibu Laely menuturkan, bahwa bursa diselenggarakan untuk  memperkenalkan kembali jenis-jenis tanaman hias seperti Aglonema, Philo dan lain lain yang saat ini menjamur di mana mana. Dia berharap para konsumen tidak tertipu atau salah beli karena minimnya pengetahuan mereka tentang tanaman hias.

Ibu Laely yang tinggal di Gentasari, Kec. Kroya, Cilacap ini menceritakan jenis tanaman yang paling mahal adalah jenis Aglonema Goliath dan Philo Florida Beauty. 

"Tanaman Aglonema Goliath dibanderol 500 ribu per daunnya dan Philo Floby (Florida Beauty ) harganya mencapai 2,5 juta per daun," kata Ibu Laely.

Ibu Laely berharap bursa tanaman hias ini dapat memberikan manfaat bagi konsumen, kolektor ataupun petani yang ujung ujungnya membantu perekonomian mereka. (Urip)

 

redaksi

No comment

Leave a Response