Bresel Rawan Kebakaran Hati Hati Bila Bakar Sampah.

 

Matamatanews.com, BREBES—Dalam sepekan wilayah Bresel - Brebes Selatan beberapa kali terjadi musibah kebakaran, baik lahan maupun rumah.Kebakaran terbanyak dipicu akibat warga membakar sampah dan percikan api terbawa angin kemudian meluas membakar lahan.Seperti yang terjadi Rabu kemarin lahan  kebun  bambu di desa Langkap Kecamatan Bumiayu kabupaten Brebes dilalap jago merah.

Beruntung api tidak merembet ke sebuah sekolahan berkat kesigapan warga. " Dugaan kebun bambu terbakar akibat bakaran sampah.Beruntung api tidak merembet ke gedung SMP N 3 yang berada di depan nya " terang Hariri salah satu warga.

Sehari sebelumnya kebakaran juga terjadi di Desa Pruwatan dua rumah yang dihuni lansia habis terbakar yakni rumah Tarsilah(65) dan Sarwen.Kebakaran terjadi akibat penghuni menyalakan tungku didapur namun ditinggal keluar rumah. Sehingga api membesar dan membakar rumah yang terbuat dari bahan mudah terbakar itu.

Selain  itu sebuah gudang furniture milik Yayang Hadi (45) juga terbakar hebat, menghabiskan puluhan meubel baik kursi meja maupun lemari dan kerugian mencapai Rp 150 juta.Kebakaran berawal salah satu karyawan membakar sampah kayu dan pada saat itu tiba tiba aliran listrik padam dan api bakaran sampah membesar tak bisa dicegah.

Sementara di Wilayah Kecamatan Paguyangan kebakaran juga terjadi, api membakar lahan seluas 1. 5 Hektare di dukuh Bulakamba Sawangan Desa Wanatirta Kecamatan Paguyangan Brebes.Kebakaran dipicu akibat warga membakar sampah namun apinya terbang terbawa angin lalu membakar daun daun kering hingg menyebar

Kapolsek Paguyangan Iptu Suroto SH mnghimbau warga jangan bakar sampah sembarangan , begitu pula apabila merokok puntung jangan dibuang asal.

"Dipastikan bila buang puntung rokok apinya sudah mati.  Begitu pula bila membakar sampah ditunggu sampai habis dan pastikan tidak ada bara api " harap Kapolsek.

Catatan matamatnews kebakaran yang terjadi di wilayah Kecamatan Paguyangan pada bulan lalu ada empat titik.  Tiga lahan dan satu buah dapur sebuah  pabrik kayu .Kebakaran lahan juga menimpa wilayah kecamatan Salem.Dan yang paling parah kebakaran yang terjadi di lereng gunung Slamet masuk wilayah kecamatan Sirampog Bresel.(Purwanto)

 

 

redaksi

No comment

Leave a Response