Bom Mobil Tewaskan 18 Orang Di Turki

 

Matamatanews.com, HAKKARI – Delapan belas orang tewas akibat serangan bom mobil meledak di Provinsi Hakkari, Turki tenggara, minggu (9/10). Serangan yang menewaskan 8 warga sipil dan 10 polisi, merupakan salah satu serangan yang mematikan terhadap pasukan keamanan Turki sejak aksi kudeta yang terjadi di Turki 15 juli lalu.

Perdana Menteri Turki Binali Yildirim menuding kelompok pemberontak Kurdi sebagai pihak yang bertanggung jawab atas peristiwa ini, kemudian ia langsung memerintahkan militer Turki untuk menyerang balik. Yildirim mengatakan, “Serangan itu dilakukan seseorang pelaku bom bunuh diri yang meledakan sebuah mobil van dengan 5 ton bahan peledak”.

Setelah ledakan tersebut, Dewan Tertinggi Radio dan Televisi (RTUK) mengeluarkan larangan untuk menayangkan gambar dari tempat kejadian dan korban. Sejauh ini pemerintah menunjuk Partai Pekerja Kurdistan (PKK) sebagai dalang atas insiden tersebut. Kelompok militan Kurdi tersebut telah dinyatakan sebagai organisasi teroris oleh Turki, Amerika dan Uni Eropa.

Selain menewaskan warga sipil dan polisi, serangan bom tersebut menyebabkan kerusakan parah pada gerbang utama pos keamanan serta meninggalkan lubang besar di jalan dengan lebar 10-15 meter dan kedalaman sampai 7 meter.

PKK telah melancarkan aksi pemberontakan kepada pemerintah Turki selama 32 tahun belakangan ini. aksi tersebut telah menyebabkan hampir 40 ribu orang tewas sejak peperangan ini dimulai yaitu sejak tahun 1984. (Atep/berbagai sumber)

sam

No comment

Leave a Response