Boko Haram 'Hampir Dimusnahkan'

 

Setelah berjanji akan setia kepada ISIS pada tahun lalu, kini Boko Haram sedang bergulat masalah kepemimpinan. Pihak militer Nigeria mengklaim telah mencederai pemimpin kelompok itu, Abubakar Shekau, dalam serangan udara pada bulan Agustus.

Matamatanews.com, AFRIKA—Kepala angkatan bersenjata Nigeria, menyatakan bahwa ada kemajuan yang luar biasa pada militer Nigeria dalam perang melawan kelompok teroris Boko Haram. Letnan Jenderal Tukur Buratai memuji kerjasama dengan pasukan dari negara tetangga Kamerun, Chad dan Niger.

Kelompok teroris Boko Haram, tidak dapat bergerak bebas seperti yang mereka lakukan sebelumnya, kemampuan untuk merebut wilayah, bertahan atau merampok komunitas besar dan kota-kota telah hampir dimusnahkan oleh militer Nigeria yang bergabung dengan pasukan dari negara tetangganya.

Boko Haram merilis sebuah video minggu ini yang menunjukkan ratusan pendukung, mengisyaratkan bahwa kelompok itu masih ampuh. Buratai mengesampingkan video itu sebagai propaganda, dan mengatakan militer terus menerima arahan tentang keberadaan orang-orang yang diculik oleh Boko Haram di kawasan timur laut. Termasuk lebih dari 200 siswi Chibok masih hilang dua tahun setelah penculikan mereka.

Kelompok teror itu merilis sebuah video pada bulan Agustus yang menunjukkan sebanyak 50 gadis Chibok, mendorong tekanan baru pada pemerintah untuk membawa gadis-gadis itu pulang. Panglima militer itu mengatakan mereka mengejar "pendekatan menyeluruh" dengan tujuan membebaskan semua orang yang diculik oleh Boko Haram. [Did/Berbagai Sumber

sam

No comment

Leave a Response