Boko Haram Bersumpah akan membalas Kematian Abubakar Shekau

 

Matamatanews.com, ABUJA, NIGERIA— Dalam sebuah pesan video dalam bahasa Arab, komandan Boko Haram yang baru, Bakura Modu yang dikenal sebagai Sahaba mendesak para komandan kelompok itu untuk tetap teguh dan patuh, terlepas dari kematian pemimpin mereka Abubakar Shekau..”Ia meninggal sebagai martir.”

Seperti dikutip VOA Hausa, sebuah sumber yang dekat dengan Boko Haram memberikan video tersebut kepada kantor berita AFP, sementara sumber lain menyebutkan bahwa itu ditujukan kepada presiden baru Bakura Modu.

Dalam video itu, Bakura Modu tampak dikelilingi sejumlah pejuang seraya mendesak para komandan Jama’ah Ahlus Sunnah Lidda’awati Wal Jihad untuk tidak membiarkan insiden kematian pemimpin Abubakar Shekau mematahkan semangat mereka “dalam menghadapi jihad dan musuh.”

Dia juga meminta mereka untuk menolak pemimpin ISWAP Abu Musa Al-Barnawi, seraya menekankan bahwa mereka akan terus melawan ISWAP, bahkan membalas dendam.

Shekau, terkenal setelah menculik 300 siswi pada tahun 2014, dilaporkan bunuh diri bulan lalu, bukannya menyerah kepada faksi anti- Boko Haram ISWAP , yang menyerangnya, sebuah kamp di hutan hutan di negara bagian Borno di timur laut Nigeria .

Dalam pesan audio, Presiden ISWAP Abu Musa Al-Barnawi mengkonfirmasi bahwa Shekau telah bunuh diri selama pertempuran.Sejak kematian Shekau, ISWAP telah memburu komandan Boko Haram yang menolak untuk menyerah.

Kedua kelompok berpisah pada 2016, ketika ISWAP mulai menantang rencana Abubakar Shekau untuk menyerang warga sipil Muslim tanpa pandang bulu , dan mengeksploitasi perempuan untuk serangan bunuh diri.

Laporan lain mengaitkan perpecahan itu dengan penggunaan jutaan dolar oleh Abubakar Shekau dalam pendanaan ISIS , dengan beberapa pemimpin menuduhnya mencoba mengintimidasi.

Lebih dari 40.000 orang tewas dan lebih dari 2 juta orang mengungsi akibat serangan Boko Haram sejak mulai beroperasi di timur laut Nigeria pada 2009.(voa hausa/cam)

 

 

redaksi

No comment

Leave a Response