Birth of the Dragon, Kisah Pertarungan Sang Legenda Bruce Lee

 

Matamatanews.com, JAKARTA—Film Birth of the Dragon merupakan film yang diangkat berdasarkan kisah nyata tentang perjuangan sang legenda Bruce Lee pada tahun 1960 di kota San Fransisco, Amerika Serikat. Tidak banyak yang tahu, ternyata sebelum terkenal, Bruce Lee pernah bertarung hebat dengan seorang master bela diri asal Shaolin bernama Wong Jack Man ( Xia Yu) pada tahun 1964.

Dan banyak yang percaya pertarungan ini adalah hukum untuk Lee lantaran dia mengajarkan kung fu kepada orang bule alias barat. Film Birth of the Dragon ini terinspirasi pertarungan antara Shaolin dengan aliran Tai Chi, di provinsi Henan atau biasa disebut Hunan tempat cikal bakal lahirnya Kung Fu, pada tahun 1963.

Birth of the Dragon bercerita tentang perjalanan karir sang legenda, Bruce Lee (Philip Ng) pada tahun 1960, tepatnya tahun 1963 sampai 1965. Film ini menceritakan perjalanan Bruce Lee di tahun 1960, ketika ia masih muda dan belum terkenal hingga suatu ketika ia menantang duel seorang ahli bela diri dari Shaolin, Wong Jack Man. Dan Birth of the Dagon fokus bertutur tentang peristiwa di San Fransisco pada tahun 1963- 1965 dimana Bruce Lee masih menjadi seorang instruktur bela diri yang tengah berusaha maksimal untuk mengharumkan namanya.

Suatu hari salah satu murid Bruce Lee bernama Steve McKee (Billy Magnussen) meminta agar dia menantang biksu shaolin dan master kung fu, Wong Jack Man untuk bertarung seni bela diri. Pertarungan Bruce Lee dan Won Jack Man akhirnya terlaksana pada tanggal 24 November 1964  berujung  draw, tanpa pemenang. Kalangan mafia lokal meminta pertarungan diulang dengan imbalan akan membebaskan kekasih Steve McKee yang selama ini dijadikan budak di kalangan mafia.

Usai pertarungan berakhir, Bruce Lee memutuskan untuk terjun ke dunia film dan akting serta membangun filosofi yang dipelajari dan dimilikinya. Pada Juli 1969 Bruce Lee mengenalkan Jeet Kune do sebagai pendahulun bela diri campuran. Birth of the Dragon produksi tahun 2017 ini diangkat berdasarkan kejadian yang sebenarnya di tahun 1960 tentang perjuangan Bruce Lee.

Bagi penggemar Bruce Lee, film Birth of the Dragon rasanya sayang untuk dilewatkan, selain tidak menampikan kekerasan layaknya film laga, film ini juga menampilkan pertarungan kontroversial dalam sejarah antara aliran Shaolin dengan kung fu versi ala Bruce Le. Dan bagi yang biasa menyaksikan film laga dar der dor atau adu jotos ,seperti tulang patah dan siraman peluru, bersiaplah untuk kecewa. Karena meski judul Birth of the Dragon, namun sedikitpun tidak menampilkan adegan laga lazimnya sebuah film aksi. Seluruh adegan perkelahian dalam film ini digarap halus sehingga terkesan seperti pertarungan di panggung ‘ketoprak’ yang sekedar mengandalkan lompatan dan kelenturan tubuh.(sam)

 

 

sam

No comment

Leave a Response