Bioskop di Pakistan Boikot Film-Film India

 

Matamatanews.com,PAKISTAN---Hampir seluruh bioskop-bioskop besar di Pakistan secara serentak memboikot penayangan film-film India. Hal ini dipicu karena ketegangan antara militer Pakistan dengan militer India akibat memperebutkan wilayah Kashmir. Jaringan bioskop Pakistan mengatakan pemboikotan ini akan diberlakukan setidaknya selama dua pekan sampai hubungan kedua negara kembali normal

Pemboikotan ini terjadi di bioskop-bioskop yang terletak di Lahore, Karachi, dan Islamabad sebagai bentuk sikap solidaritas terhadap militer Pakistan. Seperti yang dikutip dari BBC, industri Bollywood di Pakistan sangat populer jika dibandingkan dengan industri film di Pakistan yang sejatinya sedang mengalami peningkatan. Keputusan pemboikotan ini sebenarnya membuat rugi bisnis mereka, seperti yang diakui para pebisnis bioskop.

Kemudian disisi lain, hal serupa di tunjukan para pembuat film India yang tergabung dalam Asosiasi Produser Film India yang menerapkan pelarangan aktor-aktor asal Pakistan untuk tampil di film-film Bollywood sebagai bentuk solidaritas.

Ketegangan ini dipicu akibat serangan yang dilancarkan terhadap sebuah markas tentara di Uri, kawasan Kashmir yang di kelola India yang mengakibatkan 18 serdadu tewas. Kemudian militer India melancarkan serangan balasan di sepanjang perbatasan yang menewaskan 2 tentara Pakistan. Kawasan Kashmir telah menjadi daerah sengketa antara India dengan Pakistan yang sudah berlangsung selama bertahun-tahun. (Atep/berbagai sumber)

sam

No comment

Leave a Response