BI Purwokerto Gelar Webinar "Prospek Kawasan Ekonomi Khusus Pariwisata Jasela"

 

Matamatanews.com, PURWOKERTO -Bank Indonesia Perwakilan Purwokerto menyelenggarakan Webinar dengan Tema “Prospek Kawasan Ekonomi Khusus Pariwisata Jawa Selatan (Jasela)” pada hari Kamis, 15 April 2021 pukul 13.30-15.30 WIB. Salah satu narasumber adalah Alumni Fakultas Hukum Unsoed yang juga anggota DPD RI periode 2019-2024 Dr.Abdul Kholik,SH.MSi.

Dr.Abdul Kholik,SH.MSi.menyatakan bahwa Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) merupakan kawasan dengan batas tertentu yang tercakup dalam daerah atau wilayah untuk menyelenggarakan fungsi perekonomian dan memperoleh fasilitas tertentu. 

"KEK diharapkan memberikan dampak positif berupa peningkatan investasi, penyerapan tenaga kerja, penerimaan devisa, keunggulan kompetitif produk ekspor, pemanfaatan sumberdaya lokal, pelayanan, dan kapital bagi peningkatan ekspor, dan mendorong terjadinya peningkatan kualitas SDM melalui transfer of technology," ungkapnya.

Lanjut Abdul Kholik, pengembangan KEK harus berbasis pada reasonable (layak secara ekonomi, sosial dan politik), sustainable, (orientasi jangka panjang) dan measurable (jelas dalam instrumen dan target).

Kawasan Jawa Selatan (Jasela) yang meliputi Barlingmascakeb (Banjarnegara, Purbalingga, Banyumas, Cilacap, Kebumen) plus Purworejo dan Wonosobo menurutnya, memiliki potensi yang luar biasa, khususnya dalam bidang pariwisata, baik potensi sumber daya alam dan non-alam serta kebudayaan masyarakatnya dirasa layak untuk menjadi Kawasan Ekonomi Khusus berbasis Pariwisata. 

"Melalui KEK Pariwisata Jasela, diharapkan pencapaian pembangunan ekonomi nasional yang dirasakan oleh seluruh masyarakat Indonesia, khususnya bagi masyarakat Jasela," katanya.

Abdul Kholik menambahkan, pada webinar tersebut juga menghadirkan berbagai Narasumber lain yang kompeten dalam bidangnya, yaitu:

1. Prof.Dr.Ir.Dwisuryo Indroyono Soesilo,M.Sc (Pengamat Pariwisata)

“Pengembangan Destinasi Wisata Bahari di Kawasan Jawa Selatan”

2. Poernomo Siswoprasetijo (Dirut PT Banten West Java/KEK Tanjung Lesung)

“Sharing Experience Pengembangan KEK Pariwisasata Tanjung Lesung dan Dampaknya bagi Daerah”

3. Samsun Hadi (Kepala BI Purwokerto)

“Potensi Sektor Pariwisata dan Ekonomi Kteatif Untuk Pemulihan Ekonomi di Kawasan Jasela”

Beberapa tokoh yang hadir sebagai Pembahas diantaranya :

1. Dyah Hayuning Pratiwi, S.E., B.Econ, M.M. (Bupati Purbalingga)

“Optimalisasi Potensi Pariwisata di Kawasan Jasela Pasca Beroperasinya Bandara Sudirman”

2. Agung Wibowo, A.P., M.M. (Bupati Purworejo)

“Sinergitas dan Kolaborasi Pengembangan Pariwisata Purworejo dengan Kawasan Jasela”. (hen)

redaksi

No comment

Leave a Response