Bersitegang Jet Tempur Rusia-Amerika Diatas Laut Hitam

 

Matamatanews.com, AMERIKA—Setelah diyakini meretas database pemilihan Amerika, kini jet tempur Rusia terbang mendekati pesawat Amerika Serikat. Pejabat Militer Amerika Serikat pun angkat suara menuduh Rusia mengirim pesawat jet tempurnya terbang sangat dekat dengan pesawat mata-mata Amerika di atas Laut Hitam,Rabu (7/9/2016). Juru bicara Kementerian Pertahanan Rusia mengatakan, jet tempur Rusia itu bertindak sesuai peraturan internasional.

Kata pejabat militer Amerika, cara pencegatan itu “tidak profesional dan tidak aman”, tapi Rusia mengatakan tindakannya dilakukan sesuai dengan peraturan penerbangan internasional. Pejabat itu mengatakan, pesawat mata-mata milik angkatan laut P-8a Poseidon sedang dalam operasi rutin di kawasan udara internasional ketika sebuah pesawat jet tempur Rusia, SU-27, terbang sampai jarak 3 meter dari pesawat Amerika itu selama 19 menit.

“Kami prihatin dengan adanya manuver yang tidak aman seperti ini, yang bisa meningkatkan ketegangan secara tidak perlu, dan bahkan bisa berakibat kecelakaan karena salah perhitungan,” tambah pejabat militer tersebut.

Pihak Kementerian Pertahanan Rusia mengirim jet tempurnya, setelah pesawat Amerika itu mendekati perbatasan Rusia dan mematikan transponder, alat yang digunakan untuk mengidentifikasi pesawat secara otomatis. Dan juru bicara Kementerian Pertahanan Rusia mengatakan, jet tempur Rusia itu bertindak sesuai peraturan internasional, dan pesawat Amerika itu kemudian terbang menjauhi perbatasan Rusia. (Did/Berbagai Sumber)

sam

No comment

Leave a Response