Bersama Pemuda Menjaga Persatuan , Tangkal Paham Radikal

 

Matamatanews.com-SULSEL—Guna mengantisipasi menyebarnya paham radikalisme  dikalangan pemuda,terutama di wilayah hukum Sulawesi Selatan ,Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) bersama Bina Pemuda Olahraga,Pendidikan dan Seni Budaya Biro Kesra Setda Provinsi Sulawesi Selatan menggelar dialog Pencegahan Paham Radikalis Terorisme dan ISIS.  Dialog ini mengusung tema : Bersama Pemuda Menjaga Persatuan dan Kesatuan Bangsa”,acara tersebut dibuka oleh Kabag Pemuda,Olahraga,Pendidikan dan Seni Budaya Setda Provinsi Sulawesi Selatan Drs H Makmur Idrus di Aula DPD KNPI Sulsel pada Kamis (26/5/2016) lalu.

Acara ini diselenggarakan  untuk menangkal paham radikalisme dikalangan pemuda, terutama bagi yang masih minim pemahaman agamanya. Karena minimnya pengetahuan agama,dikhawatirkan akan memunculkan sikap yang bertentangan dengan norma dan nilai-nilai kepatutan  di masyarakat. Paham radikal akan gagal bila seluruh komponen bangsa bersatu untuk membendung .

“Karena selama ini agen-agen teroris telah masuk ke berbagai lembaga pendidikan termasuk kampus. Sasaran empuk mereka adalah anak muda dan mahasiswa dengan  label agama. Pemuda memiliki potensi direkrut atau membendung, tergantung bagaimana kita memperlakukannya,”jelas Drs H Makmur Idrus  dalam sambutannya.

Lebih lanjut ia mengatakan, terorisme adalah ideologi sehingga tidak bisa dilawan dengan senjata. Dari tiga belas pelaku bunuh diri  semuanya berusia 21 hingga 30 tahun. Sehingga paham radikal paling subur di kampus,karena tipologi radikalisme,diantaranya  adalah gagasan,milisi, separatis, premanisme dan terorisme.

“Potensi radikalisme dikalangan pemuda memang sangat kuat, usia mereka rata-rata 21 hingga 30 tahun dan berpendidikan rata-rata SMA,”tambah Drs H Makmur Idrus. Dialog ini menghadirkan tiga nara sumber, yaitu Akademisi UIN Dr Firdaus Muhammad, Wakil Ketua KNPI sekaligus Akademisi Fakultas Hukum Unhas DR Muhammad Hasrul,SH,MH dan Akademisi DR Hj.Nurul Fuadi,MA. Acara dihadiri 80 peserta,terdiri dari mahasiswa  berbagai kampus dan organisasi kepemudaan di Sulawesi Selatan. Bravo! (M Idrus/ Ikhsan T/Samar)

 

sam

No comment

Leave a Response