Berhasil, Ujicoba Panel Surya Mengangkat Air Serayu Di Desa Wlahar Wetan

 

Matamatanews.com, BANYUMAS -Teknologi panel surya sebagai sumber energi utama pompa guna menaikkan air Sungai Serayu ke lahan pertanian telah dilakukan tim PPM Pendampingan Desa Binaan Fak.Pertanian Unsoed. Menurut Dyah Susanti,SP, MP tahun 2019 ini, kemarau panjang mengakibatkan dampak kekeringan di Desa Wlahar Wetan semakin meluas. Untuk itu menurutnya perlu diupayakan teknologi yang mampu mengatasi kendala tersebut. 

Dyah menambahkan melalui serangkaian pertimbangan ilmiah dan kondisi di lapangan oleh Arief Sudarmaji, STP,. M.T., Ph.D. selaku tenaga ahli tim pendamping desa binaan Fakultas Pertanian ini akhirnya memilih panel surya sebagai sumber energi pompa air guna mengangkat air dari Sungai Serayu. 

"Listrik energi surya untuk sumber energi pompa yang digunakan untuk mengangkat air dari sungai serayu dipilih sebagai teknologi karena potensi sinar matahari yang besar dan kontinyu di lokasi Desa Wlahar Wetan dibanding tenaga alternatif lain, seperti energi angin, " ungkapnya saat bincang bincang dengan Koordinator Sistem Informasi Unsoed Alief Einstein.

Dyah memaparkan bahwa Spesifikasi instalasi yang diterapkan meliputi Panel surya 200Wp, solar controller 30A, inverter 500W, aki penyimpan 110Ah, pompa air 125 W.

" Pengujian instalasi listrik tenaga surya untuk menggerakkan pompa air guna menaikkan air dari Sungai Serayu, mampu mengangkat air dari Sungai Serayu sejauh 32 m dengan ketinggian 4 m, untuk kemudian dialirkan ke lahan sejauh 30 m guna mengairi tanaman menggunakan sprinkler, " tambahnya.

Seperti diketahui Launching panel surya (solar cell) penghasil energi pompa air ini dilaksanakan pada hari Kamis (7/11/19), Waktu pukul 14.30 WIB, berlokasi di lokawisata Boemi Tambangan, Desa Wlahar Wetan, Kec. Kalibagor, Kab. Banyumas.

Acara dihadiri oleh Ketua LPPM Unsoed Prof. Dr. Rifda Naufalin, S.P., M.Si dan tim pelaksana program pendampingan Desa Binaan Fakultas Pertanian Unsoed yang diketuai oleh Dr. Ir. Agus Sutanto, M.P.

"Selain launching instalasi pembangkit listrik bertenaga surya oleh Dekan Fakultas Pertanian Dr. Ir. Anisur Rosyad, M.S., pada kesempatan tersebut  dilaksanakan penanaman secara simbolis kelapa genjah Kuning Nias dan tanaman hias untuk mendukung pengembangan sektor pertanian dan agrowisata dalam rangka meningkatkan kemajuan dan daya saing Desa Wlahar Wetan, " pungkas Dyah. *(hen/berbagai sumber)

 

redaksi

No comment

Leave a Response