Berbagai Cara Merayakan Hari Raya Idul Fitri Dalam Masa Pandemi di Banjarnegara

 

Matamatanews.com, BANJARNEGARA—Suasana yang berbeda menyelimuti umat Islam di seluruh negeri ini bahkan di seluruh dunia saat masa Pandemi Covid-19, berbeda dengan tahun sebelumnya, Riuh Ramai, Gembira, Suka Cita menyambut Hari Raya Idul Fitri bagi umat Islam di tanah air. Kali ini masyarakat di Banjarnegara melaksanakan Sholat Idul Fitri dengan cara beragam di masa pandemi Covid-19, pada Minggu (24/05/2020) pagi kemarin.

Sebelumnya pada malam hari di gelar apel gabungan. Polres Banjarnegara, Kodim 0704 Banjarnegara, Satpol PP dan Dishub dalam rangka kesiapsiagaan malam Hari Raya Idul Fitri di Wilayah Banjarnegara dengan memberi himbauan kepada masyarakat untuk tetap dirumah dan mengikuti aturan pemerintah. Dalam mencegah Covid-19 himbauan diberikan kepada pengguna jalan untuk tetap menggunakan masker saat keluar rumah, selalu menjaga jarak dan tidak berkerumun.

Untuk merayakan Hari Raya Idul Fitri 1441 H masyarakat di Banjarnegara melaksanakan Sholat Idul Fitri dengan berbagai cara, di kelurahan Kutabanjarnegara dilaksanakan di rumah masing-masing, di desa Blambangan masyarakat melaksanakan Sholat Idul Fitri di lingkungan jalan RT masing-masing, selain itu di desa Banjarkulon tetap melaksanakan Sholat Idul Fitri di lapangan dengan sistem social distancing.

Syam salah satu warga Banjarkulon mengatakan, “Ramadhan tahun ini saya merasa prihatin, saudara-saudara tidak bisa mudik tidak bisa kumpul bersama keluarga” berbeda dengan Yoga warga Blambangan saat ditemui Matamatanews “Ia berharap kondisi ini segera pulih, dan semua normal seperti sedia kala”

Selain itu jajaran Polres Banjarnegara melakukan Pengaman di sekitar Alun-Alun Banjarnegara, seluruh akses jalan menuju Alun-alun dijaga ketat oleh Anggota Polres Banjarnegara.

Saat ditemui Matamatanews, Bripka Hary Waluyo menyampaikan. “Semua akses jalan menuju Alun-Alin ditutup seperti dari arah Kodim, SPBU Kota, Gang Kepatihan, Clincing, Komplek Rutan. Tahun ini jumlah pemudik tidak banyak karena keamanan kami jaga ketat”.(Nusa)

redaksi

No comment

Leave a Response