Benarkah Jaringan Intelijen Korut Tersebar Di Indonesia ?

 

Matamatanews.com, JAKARTA – Setelah ditangkapnya warga Negara Indonesia terkait kematian Kim Jong-Nam, beredar berita yang mengatakan bahwa Agen Korea Utara ikut campur dalam pembunuhan tersebut.

Seperti yang dilansir CNN, Intelijen Korut menebar jaringan mereka di Indonesia, Malaysia, dan Singapura yang dibentuk langsung oleh Badan Pengakuan Umum (RGB). Kim Jong-Un langsung mendapatkan informasi dari setiap operasi penyamaran yang di awasi oleh lembaga intelijen Korut dan berada di bawah naungan Kementerian Keamanan Korea Utara.

Sumber Intelijen mengatakan kepada AsiaOne bahwa RGB beroperasi di perusahaan-perusahaan tekstil besar yang berada di kota-kota besar termasuk Jakarta. Sumber tersebut juga mengatakan bahwa RGB membangun kantornya di pusat Jakarta yang berada di lantai atas sebuah restoran Korea Utara.

Akan tetapi menurut sumber, agen-agen RGB lebih memilih Malaysia dan Singapura, mereka melakukan penyamaran dengan bekerja sebagai konsultan teknik hingga pelayan restoran.

“Mereka menggunakan restoran sebagai garda utama dalam mengumpulkan informasi intelijen, mereka menargetkan politisi, diploma dan para petinggi perusahaan dari Jepang dan Korea Selatan”, ujar sumber.

RGB melakukan penyelundupan narkoba guna membiayai setiap operasinya, fakta tersebut terkuak ketika mereka gagal menyelundupkan 125 kilogram heroin menuju Australia dengan menggunakan kapal pong Su pada tahun 2003 silam.

Penyelidikan yang dilakukan kepolisian Australia pada saat itu menunjukan bahwa  RGB telah menjadikan Port Klang, Malaysia sebagai tempat bongkar muat penyelundupan narkoba. (Atep/CNN/berbagai sumber)

sam

No comment

Leave a Response