Banyaknya Imigran Yang Tewas Di Laut Mediterania

 

Matamatanews.com, JAKARTA – Lembaga bantuan Proactiva Open Arms mengatakan telah berhasil menemukan lima jenazah yang mengambang dekat dua kapal yang karam. Lebih dari 200 orang dikhawatirkan menjadi korban akibat kapal yang ditumpangi karam di perairan Libia.

Laura Lanuza yang mewakili lembaga tersebut mengatakan lima jenazah yang ditemukan di Laut Mediterania ialah pemuda yang diduga meninggal akibat tenggelam. Ia memperkirakan setidaknya terdapat 240 orang korban yang meninggal akibat kapal karam tersebut.

Seorang juru bicara dinas penjaga pantai Italia mengatakan kepada BBC bahwa mereka tidak dapat memberikan konfirmasi mengenai jumlah pasti akibat insiden tersebut. Selain itu, dinas penjaga pantai tersebut tidak menerima panggilan darurat dari kapal manapun.

Seperti yang diketahui, tahun ini jumlah imigran yang ingin menyebrang dari Libia ke Eropa mengalami peningkatan setelah rute antara Turki dan Yunani sudah tidak diberlakukan. Organisasi Internasional untuk imigrasi (IOM) mengatakan lebih dari 20.000 imigran telah berhasil tiba di Italia tahun ini.

Juru bicara IOM, Joel Millman mengatakan, “Bulan Maret belum berakhir, namun kami telah menghadapi peningkatan laju kedatangan imigran yang melampaui tahun-tahun sebelumnya di Mediterania”. (Atep/berbagai sumber)

sam

No comment

Leave a Response