Baku Tembak di Mesir Tewaskan Tokoh Senior Ikhwanul Muslimin

 

Matamatanews.com.KAIROBaku tembak di Mesir terjadi pada Senin (3/10/2016) menewaskan seorang tokoh senior Ikhwanul Muslimin serta seorang tokoh lainya. Tokoh senior itu dinyatakan bertanggung jawan atas “ Sayap bersenjata “ kelompok tersebut.

Seperti dilansir Reuters, Selasa (4/10/2016), Kementeria Dalam Negeri Mesir menyatakan Mohamed Kamal (61), tokoh senior Ikhwanul Muslimin dan Yasser Shehata, tokoh lainya yang tewas dalam baku tembak tersebut.

Kementerian menyebutkan, pihaknya melakukan penggerebekan disebuah apartemen di kawasan Bassateen, Kairo setelah mengetahui bahwa apartemen itu digunakan oleh para tokoh Ikhwanul sebagai markas besar.

Kamal merupakan salah satu pemimpin Ikhwanul Muslimin paling terkemuka. Ia pernah menjadi Kepala Komisi Administratif, yang dikenal sebagai komisi pemuda. Ia berhenti dari komisi itu pada Mei 2016 lalu karena komisi itu ditentang para pemimpin Ikhwanul lainnya.

Ia juga telah dijatuhi hukuma penjara seumur hidup dalam persidangan secara absentia. Sementara Shehata juga telah divonis secara absentia selama 10 tahun, atas dakwaan “ Menyerang seorang warga negara dan menyekap orang tersebut di markas besar partai Kebebasan dan Keadilan”, sayap politik kelompok Ikhwanul.

Setelah kelompok Ikhwanul melengserkan presiden terpilih Mohamed Morsi pada tahun 2013. Presiden Mesir, Abdel Fattah al-Sisi melancarkan operasi penangkapan besar – besaran terhadap gerakan Islamin tertua di Timur Tengah (Ikhwanul) dan sejak lama telah menjadi oposisi politik utama di Mesir. (Adith/Berbagai sumber)

 

sam

No comment

Leave a Response