Bahaya Tidur Yang Berlebihan Bagi Kesehatan

 

Matamatanews.com, JAKARTA – Rata-rata waktu tidur orang dewasa berkisar antara 5-8 jam, waktu tidur yang teratur juga sangat berguna untuk menjaga kesehatan tubuh kita. Menurut National Sleep Foundation, waktu tidur yang dibutuhkan untuk orang dewasa 7-9 jam.

Seseorang yang tidur melebihi 9 jam dapat beresiko buruk bagi kesehatan tubuh kita, beberapa resiko yang dapat terjadi diantaranya penurunan daya ingat yang nantinya akan beresiko terkena penyakit Alzheimer.

Kemudian masalah selanjutnya yakni mudah menjadi depresi, dalam beberapa penelitian menyebutkan seseorang yang mempunyai waktu tidur lebih dari 9 jam dapat meningkatkan resiko terkena depresi lebih tinggi.

Selanjutnya yakni mudah terserang penyakit diabetes terutama diabetes tipe 2, hal tersebut dibuktikan dalam beberapa penelitian yang menyimpulkan bahwa seseorang yang mempunyai waktu tidur melebihi 9 jam akan gagal untuk memproses gula dan cenderung mengembangkan intoleransi glukosa dalam tubuh.

Dalam sebuah studi lain menyebutkan, waktu tidur yang berlebihan dapat meningkatkan terkena penyakit jantung. Hal tersebut disebabkan karena aliran darah didalam tubuh yang menuju akan berkurang ketika kita tidur terlalu lama.

Sementara untuk wanita, kurangnya waktu tidur dan waktu tidur yang berlebihan dapat meningkatkan berat badan. Waktu tidur yang kurang dari 5 jam dan waktu tidur yang melebihi 9 jam akan berdampak pada masalah berat badan. (Atep/berbagai sumber)

sam

No comment

Leave a Response