Badan POM Akan Bentuk Deputi Baru

 

Matamatanews.com,JAKARTA---Kepala Badan Pengawasan Obat dan Makanan Penny K Lukito menegaskan, institusinya akan membentuk deputi baru yang diharapkan dapat meningkatkan kewenangan dan kemampuan Badan POM.

Dalam Pertemuan Ilmiah Tahunan Ikatan Apoteker Indonesia di Yogyakarta rabu (28/9), Penny mengatakan, “Nantinya akan ada satu kedeputian baru yang terkait dengan penindakan. Aspek penindakan, data base dan informasi akan terus kita perkuat sehingga Badan POM dapat bereaksi dengan cepat untuk melindungi masyarakat”.

Penny mengajak para apoteker untuk bergabung dengan Badan POM dalam memperkuat pengawasan dan melindungi masyarakat. Selain itu, ia menegaskan kehadiran apotek rakyat untuk meningkatkan kemampuan dan memberikan pedoman bagi toko obat dalam memberikan pelayanan umum. Namun yang terjadi malah menimbulkan masalah baru yakni terkait dengan kredibilitas dan keprofesian para apoteker.

Sementara itu, Ketua Komisi IX DPR Dede Yusuf mengatakan, apotek rakyat tidak dapat diatur sesuai dengan pedoman yang ada. Bahkan apotek rakyat dimanfaatkan oleh segelintir pengusaha nakall untuk memasok obat-obat ilegal atau tidak memiliki izin edar. Untuk mencegah dan mengurangi hal tersebut terjadi kembali, profesi apoteker harus dikembalikan ke aturan yang ada, “Kalau tidak ada apoteker, apotek tidak dapat melayani resep”, lanjut Dede. (Atep/berbagai sumber)

sam

No comment

Leave a Response