Babinsa Kalibening Bantu Evakuasi Warga Terdampak Pergerakan Tanah

 

Matamatanews.com, BANJARNEGARA - Babinsa Koramil 06/Kalibening Serda Simon David Beker membantu evakuasi 21 warga Desa Sinduaji, Pandanarum, Banjarnegara. Mereka terpaksa diungsikan ke tempat yang lebih aman akibat terjadinya retakan tanah tebing sepanjang 100 meter dan diameter 50 centimeter. Minggu (25/10/2020) lalu.

Retakan tanah di atas tebing itu terjadi akibat curah hujan yang tinggi sehingga mengancam sejumlah pemukiman warga di sekitar lokasi.

Menurut Babinsa Desa Sinduaji, Serda Simon, retakan tanah di atas tebing sepanjang 100 meter itu mengancam sejumlah pemukiman padat penduduk yang berada di bawah tebing.

“Retakan tanah tersebut akibat curah hujan yang cukup tinggi. Ada beberapa rumah berada di sekitar tebing bertinggi 20m dan padat penduduknya,” ujar Simon, 

Dia menjelaskan, diatas tebing terdapat pemukiman penduduk Kampung Jeruk Nipis RT 01 RW 03 Desa Sinduaji. Berbagai upaya dilakukan pihak Babinsa bersama Muspika Kecamatan Pandanarum dan BPBD, yakni mengosongkan 5 buah rumah yang rawan bencana tersebut. Selanjutnya mereka mengungsikan 5 KK yang berada diatas dan sekitar tebing, termasuk sebanyak 21 orang di bawah tebing ke tempat yang aman.

Selain tanah retak, pada Kamis malam (22/10/2020) pukul 05.00 WIB juga terjadi longsor di sebagian rumah warga, mengakibatkan rumah mereka mengalami retak retak.

Danramil 06/ Kalibening Kapten Kav Eman Kusnadi melalui Babinsa menyampaikan, musim hujan harus diwaspadai terutama pergerakan tanah, karena sebagian besar warga Desa Sinduaji tinggal di kemiringan tanah.

"Terlebih sekarang musim penghujan dan intensitasnya cukup besar. Mari bersama sama kita menjaga lingkungan agar sedini mungkin mencegah terjadinya bencana tanah longsor" himbaunya.

Salah satu warga Muhyat (70) menyampaikan rasa harunya, karena adanya perhatian Koramil 06 / Kalibening terlebih para Babinsa sering membantu masyarakat seperti saat ini. 

"Saya merasa dekat dengan TNI karena Babinsa sering berkeliling desa bukan dalam situasi bencana saja tetapi dalam segala bidang," katanya bangga.(Pendimbna/Nusa).

 

redaksi

No comment

Leave a Response