Babinsa Bersama Puskesmas Basmi Jentik Nyamuk

 

Matamatanews.com, BANJARNEGARA—Sertu Surahmat Babinsa Koramil 05/Batur KODIM 0704/Banjarnegara bersama Puskesmas Batur melakukan pemeriksaan jentik pada setiap tempat penampungan air di wilayah Kecamatan Batur Kabupaten Banjarnegara pada Rabu (13/02/19).

Babinsa Sertu  Surahmat menyatakan, pemeriksaan jentik dilakukan dengan mengutamakan pemberantasan pada nyamuk demam berdarah jenis Aedes Aegypti, mengingat demam berdarah pernah menjadi satu faktor utama penyakit yang mematikan.  

" Saat ini sedang digalakkan pemeriksaan jentik pada tiap rumah. Nyamuk Aedes Aegypti biasanya berkembang penampungan air yang bersih seperti bak mandi, tempayang, dan bekas kaleng di sekitar kita. Nyamuk ini mampu hidup pada ketinggian sampai 1000 m dari permukaan laut, suka hidup di dataran rendah yang berpenghuni padat. Perkembangbiakannya kurang lebih memakan waktu 12 hari," ujarnya

Ketua Tim pelaksanaan harian Puskesmas Batur Aris mengatakan, nyamuk tersebut dapat menggigit pada saat sore hari. "Jarak terbang pada nyamuk tersebut juga mencapai 100 meter. Nyamuk betina biasanya mampu hidup kurang lebih 3 bulan sedangkan nyamuk yang jantan mampu hidup hanya 30 hari saja. Pemberantasan pada nyamuk Aedes Aegypti akan lebih maksimal dan efektif jika dilakukan dengan cara pemeriksaan jentik-jentik secara berkala oleh petugas puskesmas, " imbuhnya.(pendim bna,javi,hen)

sam

No comment

Leave a Response