Babinsa 06/Kalibening Dampingi Team Survey LPPM IPB

 

Matamatanews.com, KALIBENING—Sertu Suyitno Babinsa Koramil 06/Kalibening KODIM 0704/Banjarnegara  mendampingi Tim survei Lembaga Penelitian Pengabdian Masyarakat (LPPM) yang diketuai oleh Dr.Ir. Prastowo M.Eg. bersama Dinas Pertanian dan Peternakan (Distanak) Banjarnegara Sutarman dan Badan Penyuluh Pertanian (BPP) melakukan pengecekan saluran sungai Brukah yang aliran kurang lancar.  

Babinsa Sertu Suyitno mengatakan, Kalibening merupakan Kecamatan yang berada di ujung utara kabupaten Banjarnegara beriklim sejuk berada di daerah ketinggian sekitar 1000 meter dari permukaan laut. Akan tetapi apabila hujan lebat saluran sungai yang berada di wilayah Kalibening terutama sungai Brukah bisa meluap menggenangi sawah beberapa desa di wilayah kecamatan Kalibening. Desa yang dilewati sungai brukah antara lain desa Gunung Langit, desa Bedana, desa Sikumpul, dan desa Kalibening. 

"Luapan air yang terjadi di wilayah Kalibening mengakibatkan sawah warga tertutup air, apabila dalam dua hari tidak surut padi yang sudah di tanam menjadi busuk akibatnya warga mengalami puso (gagal panen), " ungkapnya.

Tim survei dari LPPM IPB melakukan survei mulai dari hulu sungai Brukah yang berada di desa Gunung langit sampai Kalisekti. Hasil survey memetakan lokasi pendangkalan dan penyempitan aliran sungai brukah. Salah satu faktor penyebab terjadinya penyempitan dan pendangkalan karena terjadinya pertemuan dua aliran sungai.

Ketua LPPM IPB Dr. Ir. Prastowo M.Eg menyatakan , di saluran sungai Brukah terjadi penyempitan dan pendangkalan di beberapa titik, apabila terjadi hujan dengan intensitas tinggi mengakibatkan air meluap ke persawahan. "Untuk mengantisipasi perlu dilakukan perluasan dan pengerukan di titik-titik yang menghambat aliran sungai brukah agar air tidak meluap menggenangi sawah warga, ” tambahnya.*(pendim bna,javi,hen)

sam

No comment

Leave a Response